Beranda Komunitas Begini Cara Rawat Sepeda Lipat Biar Tetap Mantul

Begini Cara Rawat Sepeda Lipat Biar Tetap Mantul

Pengguna sepeda lipat. (Dok.pribadi)

SERANG – Hai para goweser Banten yang memiliki sepeda lipat (Seli), kali ini kami punya tips mantul merawat sepeda lipatmu agar tetap awet. Sehingga saat menggowes sepedamu tetap bisa ngacir dan nyaman di jalanan.
Sepeda lipat memang tengah digandrungi banyak goweser Banten. Sejak pandemi mewabah, sepeda lipat menjadi tren dan tidak sedikit masyarakat membentuk komunitas seli di beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Banten.

Begini cara merawat sepeda lipat :

Pertama mencuci dengan rutin sepeda lipat mu, namun jangan terlalu sering juga. Cara membersihkan sepeda lipat yang tepat sebenarnya cukup disiram dan dilap secara merata, tidak usah pakai semprotan air terutama dengan tekanan yang tinggi. Bila penyucian sudah selesai. Para goweser harus mengelap seluruh bagian sepeda, terutama di bagian yang agak sulit dijangkau, dengan lap kering. Pastikan seluruh bagian sudah kering total agar tidak berkarat.

Karena saat mencuci sepeda lipat, kamu mungkin akan bergantung pada semprotan air. Hati-hati! Usahakan agar semprotan air yang kamu gunakan tidak memiliki tekanan yang terlalu tinggi. Semprotan air bertekanan tinggi bila digunakan terutama pada bagian-bagian vital seperti hub, kabel rem dan shifter yang tidak memiliki bungkusan malah akan merusak bagian-bagian tersebut.

Perhatikan juga bagian-bagian penting lainnya seperti engsel stang, lingkar ban, katup di bawah jok, kerangka penyangga di sekitar ban juga bagian pedal. Agar semakin yakin dengan kebersihan sepeda lipat kamu, perhatikan juga di bagian BB yang fungsinya adalah sebagai saluran air. Pastikan bahwa bagian tersebut tidak tersumbat kotoran apapun terutama lumpur. Setelah semuanya bersih.

Kemudian yang ke dua rutin memperhatikan bagian operasional penting sepeda lipat. Bagian operasional penting yang dimaksud adalah rangkaian kabel shifter, rem, dan rantai sepeda karena menjadi pengatur gerak saat sepeda lipatmu digowes. Bila mungkin, usahakan agar merawat bagian-bagian tersebut secara berkala seperti memberikan minyak pelumas khusus demi menghindarkannya dari aus atau berkarat.

Bila kamu membiarkannya aus atau berkarat, sepeda lipat kamu malah tidak nyaman digunakan atau pun semakin berat untuk dikendarai. Terutama di bagian rantai sepeda, apabila tidak diberikan minyak pelumas, akan menimbulkan suara berisik dan terasa berat saat dikayuh. Sehingga rantai sepeda malah akan merusak gear sepeda lipat kesayanganmu.

Kemudian yang ke tiga volume angin ban akan menentukan tekanan pada sepeda lipat kamu sehingga akan menentukan pula seberapa baik saat dikendarai di jalanan. Volume angin ban yang rendah bisa menyebabkan sepeda lipat terasa lebih berat saat dikendarai, mudah kempes bila tidak sesuai dengan beban berat tubuh, hingga mengakibatkan ban dalam rusak. Sebaliknya, volume angin ban yang terlalu tinggi akan membuat ban sepeda lebih mudah untuk pecah. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini