Beranda Kesehatan Begini Cara Pakai Hand Sanitizer yang Benar Guna Cegah Corona

Begini Cara Pakai Hand Sanitizer yang Benar Guna Cegah Corona

Ilustrasi - foto istimewa Alodokter.com

Hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol 60-70 persen bisa jadi alternatif yang bisa membunuh sebagian besar kuman dengan cepat.

Tapi apakah kamu sudah memakai hand sanitizer dengan benar? Meskipun praktis, cara penggunaannya juga harus diperhatikan. Hand sanitizer efektif untuk membunuh kuman hanya jika kamu memakainya secara tepat.

Bagaimana memakai hand sanitizer yang benar untuk mencegah virus corona?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar kamu melihat panduan yang tertera di label kemasan produk untuk jumlah pemakaian hand sanitizer. Seberapa banyak jumlah yang harus dituangkan ke tangan? Setidaknya gel atau cairan hand sanitizer harus cukup untuk membasahi seluruh bagian dari kedua tangan.

“Meskipun hand sanitizer berbasis alkohol bisa menon-aktifkan berbagai jenis mikroba dengan sangat efektif apabila digunakan dengan tepat, mungkin masih banyak orang yang tidak memakainya dalam jumlah cukup,” kata CDC, seperti dilansir detik.com.

Cara memakai hand sanitizer yang benar adalah dengan menuangkannya terlebih dahulu ke salah satu telapak tangan. Kemudian gunakan tangan satunya dan gosok-gosokkan.

Hand sanitizer harus digosokkan secara merata mulai dari telapak tangan, punggung tangan, jari dan sela-sela jari. Gosok terus sampai hand sanitizer benar-benar kering. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 20 detik.

CDC mengungkapkan hand sanitizer bisa sama efektifnya membunuh kuman seperti sabun dan air. Dengan catatan, jika tangan kamu tidak terlihat ada kotoran atau berminyak.

Penggunaan hand sanitizer terlalu sering juga tidak dianjurkan karena bisa terjadi resistensi antiseptik. Menurut edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, setelah digunakan lima kali berturut-turut, tangan harus tetap dicuci dengan air mengalir untuk mencegah resistensi antiseptik.

Selain itu residu kuman yang sudah mati masih tetap menempel di tangan. Maka dari itu pada akhirnya, tetap harus dibersihkan menggunakan air dan sabun ketika sudah tersedia akses yang memadai.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini