Beranda Gaya Hidup Begini Cara Motivasi Diri Sendiri Supaya Tetap Bahagia

Begini Cara Motivasi Diri Sendiri Supaya Tetap Bahagia

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Banyak orang yang telah memiliki segalanya, namun mereka tidak merasakan kebahagiaan. Bahagia bisa dimulai dengan hal kecil, misalnya dengan selalu berbagi dengan orang yang membutuhkan atau tertawa bersama keluarga dan teman.

Terkadang, seseorang terus bertanya bagaimana cara untuk bisa bahagia? Apakah dengan memiliki segalanya? Kebahagiaan bukan berbentuk material, tetapi lebih kepada sifat dan sikap Anda pada orang lain. Selain itu, kebahagiaan juga bisa datang dari dalam diri sendiri. Karena dari dalam diri yang damai dan bisa menerima keadaan itu yang membuat seseorang bahagia, sebagaimana dilansir Okezone.

1. Jangan melewatkan waktu makan

Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki gula darah rendah dapat membuat otak menjadi stres. Pastikan tubuh Anda untuk tetap fokus dan bersikap positif dengan memastikan Anda tidak melewatkan waktu makan. Namun, jangan makan berlebihan juga ya!

2. Menyenangkan diri sendiri

Salah satu cara terbaik untuk bahagia adalah membantu dan menyenangkan orang lain. Ternyata, bukan hanya pada orang lain saja. Menyenangkan diri sendiri juga perlu sesekali dilakukan, misalnya Anda memiliki hobi menyanyi, cobalah luangkan waktu Anda sedikit untuk bernyanyi. Anda bisa melakukan hal ini di tempat karaoke bersama sahabat untuk meningkatkan kebahagiaan Anda.

3. Menerima diri sendiri

Hal yang paling penting untuk bahagia adalah bisa menerima diri sendiri apa adanya. Mencintai, menerima dan berusaha menerima diri sendiri merupakan hal terbaik dalam hidup. Jika Anda bisa menerima diri sendiri, kebahagiaan juga akan mengikuti. Catatan! Jangan mengubah diri sendiri hanya karena ingin seseorang menyukai Anda.

4. Mendengarkan diri sendiri

Nampaknya banyak orang yang sering menyalahkan diri sendiri karena suatu hal. Sering menyalahkan diri sendiri akan menurunkan kepercayaan diri. Ingat! orang sukses adalah orang yang selalu menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Berhentilah untuk selalu mengkritik diri sendiri dalam hal negatif. Lakukan apapun sesuai dengan kemauan isi hati, asalkan tidak merugikan orang lain.

5. Tidak perlu memikirkan omongan orang lain

Saat ini banyak sekali orang yang tidak bahagia karena terlalu banyak memikirkan omongan buruk dari orang lain, baik itu di lingkungan kerja atau rumah. Biarkan orang lain berkata sebebasnya, tunjukkan bahwa Anda tidak terpengaruh sedikitpun pada omongan negatif yang keluar dari mulut mereka. Tetaplah berbuat baik sekalipun Anda terus tersakiti dan ingat bahwa roda selalu berputar. Ada kalanya seseorang di atas atau di bawah, maka dari itu jangan biarkan Anda menjadi orang yang sombong ya.

6. Memaafkan diri sendiri

Selain menerima diri sendiri, memaafkan juga menjadi hal terpenting untuk bisa bahagia. Coba perhatikan! Orang yang selalu tertimpa masalah, salah satunya adalah karena mereka terlalu bekerja keras untuk bisa menjadi seseorang yang sempurna. Padahal, di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali Tuhan. Kesalahan bagaikan sebuah kerikil di atas pasir yang halus. Kerikil tersebut harus kita singkirkan dengan cara bagaimana? Dengan cara memaafkan, menerima dan mencintai diri sendiri. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini