Beranda Gaya Hidup Begini Cara Menikmati Olahan Sayur Mayur Segar

Begini Cara Menikmati Olahan Sayur Mayur Segar

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Memasak sayuran bisa dilakukan dengan berbagai cara dan lebih sehat. Namun proses mencuci juga perlu diperhatikan supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya tak terbuang.

Sayuran enak dimasak dengan cara direbus, kukus, panggang hingga tumisan. Bahkan beberapa orang juga mengonsumsi sayuran mentah menjadi lalapan.

Berikut ini beberapa cara sehat mengolah sayuran yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Kukus

Mengukus sayuran dapat membantu mempertahankan semua vitamin dan mineral yang ada di dalam makanan. Sayuran yang paling baik dikukus adalah brokoli.

Saat sayuran hijau ini dikukus, ia dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh karena adanya kandungan glukosinolat.

Namun, supaya lebih enak rasanya. Mengukus sayuran perlu diberikan banyak bumbu dan rempah agar rasanya tak hambar.

2. Panggang

Selain dikukus, untuk mendapatkan hasil masakan sayuran yang renyah, Anda bisa memanggangnya. Dengan cara dipanggang, sayuran juga akan terasa lebih gurih dan sehat.

Namun jangan memanggang sayuran dengan suhu yang terlalu tinggi ya. Cukup dipanaskan sampai layu saja.

3. Tumis

Meski menumis membutuhkan sedikit minyak di wajan, tapi metode memasak ini jauh lebih sehat. Penggunaan minyak, bisa diganti dengan minyak kelapa atau zaitun agar lebih sehat. Salah satu yang paling bagus ditumis aneka sayuran.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menumis sayuran dengan sedikit minyak zaitun, dapat meningkatkan antioksidan yang ada di dalam makanan. Apalagi kandungan minyak zaitun yang baik untuk jantung dan lebih ramah di tubuh.

4. Rebus

Kalau merebus sayuran sebaiknya airnya sedikit saja. Metode perebusan membuat sayuran lebih sehat, akan tetapi tak semua sayuran sehat dimasak dengan cara direbus.

Sayuran justru antioksidannya lebih tinggi setelah dimasak. Seperti likopen yang mampu menangkal radikal bebas di tubuh.

Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk direbus, ada tomat dan wortel yang memiliki tingkat likopen dan beta-karoten lebih tinggi setelah di masak.

5. Mentah

Orang Indonesia sering menyantap sayuran mentah. Sebut saja terung hijau, selada, tomat hingga mentimun semuanya enak dimakan mentah.

Tanpa adanya proses pemasakan tentu kandungan vitaminnya bisa lebih besar. (Red)

Sumber : detik.com