Beranda Gaya Hidup Begini Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stres Saat Bekerja

Begini Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stres Saat Bekerja

127
0
Ilustrasi - foto istimewa gobagi.com

Hasil survei menunjukkan empat dari 10 orang yang bekerja di perusahaan besar terus mengalami kekhawatiran terjadinya restrukturisasi besar-besaran sehingga mengancam masa depan mereka di perusahaan tersebut.

Kondisi ini membuat lebih dari 40 persen orang dewasa kerap terjaga di malam hari akibat stres. Berikut 7 hal yang harus dilakukan untuk mengatasi dan menghilangkan stres saat bekerja.

1. Atur pernapasan

Jika kamu merasa tegang dan stres, tidak ada salahnya untuk membasahi kepada kamu, lalu tarik nafas selama lima detik, tahan dan buang napas melalui hidung. Cara ini dapat mengembalikan keseimbangan dan kamu akan mendapatkan ketenangan seperti selesai mengikuti kelas yoga selama 90 menit.

2. Istirahat

Di sela-sela pekerjaan kamu, coba gunakan waktu sempit untuk beristirahat sejenak di ruang kerja sambil melatih pernapasan. Jika kamu memiliki konsentrasi intens selama 90 menit, diiringi istirahat, kamu dapat menghapus penumpukan stres dan meremajakan diri sendiri.

3. Atur pola makan dan tidur

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres kerja adalah dengan memperhatikan pola makan dan juga pola tidurmu. Orang yang sedang mengalami stres kerja cenderung akan memiliki pola makan yang berantakan dan juga mengalami gangguan tidur. Jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, maka hal ini akan berlarut dan mengganggu kesehatan fisikmu.

Makanlah makanan yang dapat menaikkan mood kamu, tapi selalu ingat untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Selain itu tetapkan jam tidur dan lakukanlah kegiatan yang bisa membuat kamu rileks agar dapat cepat tertidur.

4. Mengubah pola pikir

Stop berpikir bahwa kamu sedang stres! Hal ini dapat meningkatkan keresahanmu lho. Daripada berpikir demikian, lebih baik dengarkan musik kesukaanmu agar mentalmu lebih sehat. Jalan-jalanlah, jatuh cinta, bersepeda, naik gunung, dan konsentrasi pada hobi-mu.

Memikirkan sebab stres mu tidak akan memberikan solusi, justru membuatmu makin khawatir. Jadi lebih baik beri jarak pada stres dan lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.

5. Bekerja sesuai prioritas

Siapkan secarik kertas atau catatan untuk menuliskan prioritas pekerjaanmu. Skala prioritas tersebut dapat membantumu menjadi lebih produktif. Jika pimpinanmu memberikan setumpuk pekerjaan, maka coba pilah mana yang harus dikerjakan dulu.

Kebiasaan membuat skala prioritas dapat mengurangi tingkat stres dan membuat pekerjaan mu lebih terorganisisir. Jika kamu tau skala proritasmu maka lebih mudah bagimu membuat target untuk meraih kesuksesan. Kamu bisa membuat target harian, mingguan, juga bulanan loh guys agar lebih terorganisir.

6. Lakukan hal disuka

Jangan pernah melakukan hal yang tidak membuatmu senang, ikuti passion dan kata hatimu. Jika kamu tidak suka melakukan pekerjaanmu sekarang, jangan diteruskan. Melakukan hal yang tidak kita suka tidak akan ada gunanya dan hanya menambah tingkat stres. Pekerjaan yang tidak sesuai passion lebih baik ditinggalkan dan cari pekerjaan lain.

Maka ingatkan dirimu lagi, bahwa ini pekerjaan favoritmu. Lalu lakukan cara-cara menghilangkan stres yang telah dituliskan di atas. Jangan lupa luangkan waktu untuk bersama keluarga sebelum stres melandamu.

7. Meditasi

Meditasi mempunyai segudang manfaat untuk mental dan kesehatan lho. Meditasi dapat merileksasikan kerja pikiran dan tubuh guys. Dengan meditasi, maka kamu dapat merasa tenang dan damai. Maka dari itu, di tengah kesibukanmu luangkan waktu 5 menit saja untuk sejenak menarik napas panjang demi memerangi stres guys.

Meditasi membantu kamu untuk lebih konsentrasi dan menyembuhkan tekanan mental dan membantumu terkoneksi dengan lubuk jiwamu terdalam loh. Secara ilmiah sudah terbukti meditasi dapat melawan kecemasan, stres, bahkan insomnia.

Sumber : detik.com