Beranda Kesehatan Begini Cara Membedakan Benjolan Biasa atau Gejala Kanker Payudara

Begini Cara Membedakan Benjolan Biasa atau Gejala Kanker Payudara

Ilustrasi. (Foto : google)

JAKARTA – Salah satu gejala awal kanker payudara adalah benjolan. Karenanya, banyak perempuan langsung panik ketika menemukan benjolan di sekitar ketiak. Apakah sudah pasti kanker?

Belum tentu. Menurut ahli bedah kanker dr Rachmawati, Sp.B(K)Onk, benjolan yang merupakan pertanda kanker bisa dibedakan dari benjolan biasa yang tidak mengkhawatirkan. Salah satunya dengan cara diraba, apakah terasa nyeri atau tidak.

“Kalau benjolan di ketiaknya sakit itu hormonal saja, bisa dipicu dari kelelahan atau banyak pikiran,” jelas dr Rachma yang dikutip detik.com, Rabu (26/9/2018)

Namun dr Rachma menyarankan, tidak ada salahnya untuk segera periksa bila menemukan benjolan yang dirasa tidak sewajarnya. Kalaupun ternyata bukan kanker, ya nggak apa-apa. Sedangkan kalau ternyata kanker, maka ada baiknya terdeteksi sejak dini.

Anjuran untuk sesegera mungkin memeriksakan diri justru diberikan ketika benjolan itu tidak terasa sakit saat diraba atau ditekan. Menurut dr Rachma, bisa jadi benjolan tersebut adalah kanker.

“Gejala kanker payudara seperti benjolan di payudara ataupun ketiak, tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali,” jelas dr Rachma. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ