Beranda Teknologi Begini Cara Melihat Chat WhatssApp yang Sudah Dihapus

Begini Cara Melihat Chat WhatssApp yang Sudah Dihapus

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Cara melihat chat WhatApp yang sudah dihapus oleh pengguna lain sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan pengguna tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk dapat melakukannya.

Ada banyak alasan orang menggunakan fitur ‘Delete For Everyone’ atau hapus untuk semua. Salah satunya menjaga privasi pesan yang sudah dikirim sehingga tidak tersebar luas. Tetapi pengguna WhatsApp sebenarnya memiliki cara untuk melihat chat WhatApp yang sudah dihapus.

Salah satunya dengan memanfaatkan fitur yang ada. Berikut cara melihat chat WhatApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi tambahan yang dikutip dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Fitur Export Chat

Melalui fitur Export Chat pengguna sebenarnya akan melihat riwayat pesan yang tersimpan dengan format .txt. Namun demikian fitur ini bisa dimanfaatkan untuk melihat pesan yang dihapus. Berikut caranya :

1. Buka aplikasi Whatsapp, lalu pilih ‘Pengaturan’ pada ikon titik tiga di pojok kanan atas.
2. Pilih menu ‘Chats’, kemudian pilih ‘Riwayat Chat’.
3. Ketuk menu ‘Ekspor Chat’.
4. Pilih kontak WhatsApp yang ingin Anda lihat pesan terhapusnya.
5.Centang menu ‘Sertakan Media’ kalau Anda ingin melihat dokumen, foto, atau video yang terhapus.
6. Proses backup akan dimulai dan tunggu sampai selesai. Hasil backup pesan yang terhapus bisa dilihat di e-mail atau akun Google Drive.

Notification History

Anda bisa mengintip chat WA yang sudah dihapus melalui fitur Notification History di Android. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk Operation System (OS) Android versi 11 ke atas. Berikut langkahnya :

1. Pilih menu Pengaturan, lalu pilih menu ‘Notification’.
2. Pilih ‘Advanced Settings dan cari pengaturan ‘Notification History’, lalu aktifkan menu tersebut.
3. Anda akan melihat seluruh pesan WhatsApp yang masuk ke smartphone, termasuk pesan yang telah dihapus.

Namun dengan fitur ini pengguna hanya bisa melihat pesan teks saja, jadi pesan suara atau media lainnya tidak bisa dipulihkan.

Widget Notification Log

Selain melalui pengaturan, Anda pun bisa mengakses log notifikasi melalui widget sehingga lebih mudah dipantau. Sayangnya, tidak semua ponsel memiliki fitur ini, berikut langkah yang dapat dilakukan :

1. Ketuk dan tahan layar homescreen pada smartphone.
2. Pilih menu ‘Widget’, lalu cari ‘Notification Log’.
3. Pasang widget ke layar homescreen, kemudian atur ukurannya hingga Anda bisa melihat tulisannya.

Anda akan melihat seluruh notifikasi yang terekam di smartphone, termasuk obrolan WhatsApp yang telah dihapus. Demikian cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

(Red)