Beranda Gaya Hidup Begini Cara Cuci Baju di Musim Hujan Supaya Tidak Bau Apek

Begini Cara Cuci Baju di Musim Hujan Supaya Tidak Bau Apek

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Musim Hujan terus mengguyur. Masalah yang sering dihadapi saat musim hujan adalah cucian yang tidak kering sempurna. Keadaan ini dapat menyebabkan bau tak sedap pada baju. Meski terdengar sederhana, tapi bau dapat menimbulkan krisis percaya diri.

Selain itu, kondisi cuaca dan hujan yang tidak menentu juga bisa membuat jadwal mencuci baju berantakan karena tak jarang baju yang harus dicuci ulang. Nah, untuk mencegah hal-hal tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Pilih Deterjen dan Pewangi yang Berkualitas

Udara yang lembab dan kurangnya sinar matahari membuat pakaian tak bisa kering dengan sempurna. Hal inilah yang menjadi cikal bakal pakaian bau apek. Tapi, Anda tak perlu khawatir! Memakai pewangi dan deterjen yang mengandung anti-bacteria adalah kuncinya.

2. Cuci Pakaian Sesuai Prioritas sehingga Tidak Overload

Udara yang lembab ketika musim hujan membuat pakaian membutuhkan ruang lebih agar bisa kering dengan cepat. Anda dapat menyortir pakaian mana yang akan dicuci terlebih dahulu. Pilih pakaian yang penting, seperti seragam sekolah atau baju kantor yang lebih dibutuhkan dengan cepat.

3. Jemur Pakaian dengan Cara Digantung dan Berjarak

Minimnya sinar matahari bisa diakali dengan menjemurnya di tempat terbuka yang terkena angin. Namun kalau tetap hujan, Anda juga bisa menjemurnya di ruangan yang punya lampu atau penerangan memadai. Selain itu, Anda juga harus menjemurnya dengan digantung dan berjarak. Karena cara ini mampu mempercepat pengeringan.

4. Maksimalkan Aliran Udara di Area Pengeringan

Pastikan halaman dan area lain yang Anda gunakan untuk mengeringkan pakaian memiliki ventilasi yang baik, dan nyalakan kipas jika perlu. Dehumidifer juga merupakan cara yang bagus untuk menyedot kelembapan dari udara, tinggalkan garam batu dalam mangkuk di sekitar area pengeringan untuk metode dehumidifer alami, atau soda kue.

5. Gunakan Mesin Cuci yang Tepat dan Berkualitas

Terkadang, bau pada pakaian bisa jadi karena mesin cuci atau pengering Anda tidak bekerja secara efisien. Pastikan mesin cuci benar-benar bersih dengan membersihkan dispenser deterjen, mengelap gasket pintu, dan membersihkan tabung.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan dua cangkir cuka putih ke dispenser dan menjalankan mesin melalui siklus penuh pada suhu terpanas. Setelah itu, bersihkan bagian dalam dengan kain kering.

Demikian juga, untuk pengering, pastikan Anda mengeluarkan serat dari perangkap serat secara teratur. Anda juga dapat menyedot debu bagian dalam pengering, serta lubang yang terhubung ke selang ventilasi, untuk menghilangkan kotoran yang terperangkap.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini