Beranda Gaya Hidup Begini Cara Atasi Kulit Kering Akibat Sering Mencuci Piring

Begini Cara Atasi Kulit Kering Akibat Sering Mencuci Piring

135
0
Ilustrasi - foto istimewa womentalk.com

Kulit tangan kering dan kasar karena sering mencuci piring, sering dialami oleh sebagian besar orang, khususnya ibu rumah tangga. Hal ini terjadi karena paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci.

Zat kimia sabun yang keras dan tentunya tidak untuk dikenakan ke kulit akan menyebabkan peradangan. Peradangan ini disebut dengan istilah dermatitis atau eksim. Masalah kulit tersebut bisa semakin diperparah dengan gesekan antara kulit dan spons cuci piring.

Lantas jika sudah terlanjur demikian, apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi kulit? Tidak perlu khawatir, jika tangan sudah terlanjur kering dan teriritasi akibat sabun cuci piring, beberapa tips yang dikutip dari rakyatku ini dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

Baca Juga :
loading...

1. Cuci piring pakai sarung tangan karet agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci piring dan sponsnya.

2. Untuk meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman, kompres dingin pada daerah kulit yang iritasi sebelum anda menggunakan krim pelembap.

3. Krim kortikosteroid yang dijual bebas di apotek atau toko obat bisa Anda gunaan untuk meredakan iritasi kulit. Misalnya krim desonide 0,05 % yang dioleskan 2 kali sehari pada tangan yang iritasi dan kering. Jangan gunakan lebih dari 2 minggu. Pastikan pula krim kortikosteroid tidak terkena mata saat mengoleskannya.

4. Gunakan pelembap kulit untuk menjaga kesehatannya. Namun, pakai dulu krim steroid baru lapisi dengan menggunakan krim pelembap tangan. (Red)

loading...