Beranda Kesehatan Begini Cara Atasi Cuaca Dingin Supaya Tubuh Tetap Bugar

Begini Cara Atasi Cuaca Dingin Supaya Tubuh Tetap Bugar

Ilustrasi - foto istimewa Tabloid Nova Online

Belakangan ini setiap pagi cuaca terasa cukup dingin. Kondisi ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang dan membuatnya lebih rentan terhadap beberapa penyakit.

“Perubahan cuaca seperti sekarang tentu saja mempengaruhi daya tahan tubuh. Apalagi bila kita mengalami kelelahan akibat aktivitas yang berlebih,” jelas dr Kevin William Hutomo, Dokter Umum di RS Permata dilansir detik.com.

Berbagai penyakit seringkali muncul akibat cuaca dingin, seperti flu dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yang bila tidak ditangani dengan baik dapat berlanjut ke infeksi paru-paru.

“Udara dingin cenderung membuat saluran pernapasan menjadi kering. Kondisi saluran napas yang kering rentan membuat partikel-partikel asing dari udara yang kotor atau polusi menempel di saluran napas sehingga menjadi faktor resiko infeksi saluran napas dengan gejala demam, pusing, hidung mampet, dan batuk-batuk,” kata dr Kevin.

Mengantisipasi tubuh ngedrop, dr Kevin memberikan tips bertahan di tengah cuaca dingin.

“Senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi multivitamin. Jangan lupa untuk selalu kenakan jaket atau baju hangat bila beraktifitas di luar ruangan saat udara dingin,” pungkasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ