Beranda Kesehatan Begini 3 Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Ramadan

Begini 3 Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Ramadan

Ilustrasi - foto istimewa lensawisata.com

BANTEN – Puasa Ramadan membuat seseorang tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Untuk itu, mungkinkah tetap sehat dan fit selama berpuasa?

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan, kebutuhan nutrisi yang baik selama Ramadan dapat membantu seseorang terhindar dari masalah kesehatan.

Misalnya seperti pusing atau dehidrasi, dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk melewati hari. Lebih lanjut, berikut tiga tips untuk Ramadan yang sehat seperti yang dikutip dari siaran pers Herbalife, Selasa (11/4/2023).

1. Minum Air
Minum air sangat penting untuk tetap sehat. Asupan cairan memungkinkan proses transportasi nutrisi, eliminasi produk limbah, regulasi dan pemeliharaan suhu tubuh, pemeliharaan sirkulasi dan tekanan darah, pelumasan sendi dan jaringan tubuh serta fasilitasi pencernaan.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi delapan gelas air menggunakan metode 2-4-2 yaitu dua gelas saat makan berbuka puasa, empat gelas setelah berbuka hingga waktu tidur, dan dua gelas selama makan sahur.

2. Pilih Makanan Kaya Nutrisi
Makanan manis yang mengandung tinggi gula dan lemak bukan pilihan terbaik untuk berbuka puasa. Jenis makanan tersebut tidak hanya tinggi kalori, tetapi juga cenderung dikonsumsi berlebihan.

Cobalah mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat. Oleh karena itu, fokus pada protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Selama berpuasa, pastikan konsumsi sebanyak mungkin nutrisi per kalori.

3. Konsumsi Serat dan Protein
Manfaatkan waktu makan sahur dan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan mengandung serat dan protein. Coba konsumsi sereal, kurma, ara, biji-bijian utuh, biji-bijian, sayuran, dan buah.

Makanan yang kaya protein seperti kedelai, telur, keju, kacang-kacangan, unggas, ikan, dan yogurt membantu mengembalikan energi dan membuat merasa kenyang lebih lama.

“Memastikan tubuh untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan sangat penting setiap hari, terutama selama Ramadan. Nutrisi yang baik dapat memberikan dampak positif pada tubuh dan pikiran kita,” tutup Susan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini