Beranda Kesehatan Beda Diare Biasa dan Diare Gejala Hepatitis Akut, Ketahui Disini

Beda Diare Biasa dan Diare Gejala Hepatitis Akut, Ketahui Disini

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Salah satu gejala dari infeksi hepatitis akut adalah diare. Ya, gangguan pencernaan ini memang menjadi salah satu gejala paling umum saat seorang terserang penyakit. Namun demikian agar lebih waspada, Anda wajib tahu benar beda diare biasa dan diare gejala hepatitis akut. Sederhana saja, dengan deteksi dini penanganan lebih serius bisa dilakukan sehingga penderita bisa pulih lebih cepat.

Perbedaan kedua jenis hepatitis ini disampaikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia melalui salah satu seminarnya pada awal Mei 2022 lalu. Berikut perbedaan diare biasa dan diare gejala hepatitis akut dari seminar tersebut.

Kondisi Diare Biasa

Diare biasa menunjukkan gejala cukup jelas, yakni frekuensi buang air besar lebih sering dari biasanya. Lebih sering di sini bisa diartikan lebih dari tiga kali dengan konsistensi feses yang berbeda dengan kondisi normal.

Baca Juga:Ini Perbedaan Suspect dan Probable dalam Hepatitis Akut yang Perlu Diketahui

Teksturnya lebih lembek, baunya lebih menyengat, muncul lendir, dan tampak sangat tidak normal. Diare normal disebabkan oleh infeksi virus Rotavirus atau Adenovirus yang masuk ke bagian pencernaan seseorang dan mengganggu kondisi organ pencernaan.

Gejala diare akibat Adenovirus cenderung ringan, namun disertai gejala muntah. Dalam waktu dua samapi tiga hari, diare akan sembuh dengan sendirinya. Pada anak-anak diare ini akan ditandai dengan munculnya demam.

INFOGRAFIS: Apa Beda Diare Gejala Covid-19 dengan Diare Biasa?

Kondisi Diare Hepatitis Akut

Pada seorang yang mengidap hepatitis akut, diare juga akan muncul. Meski demikian ciri yang muncul ini sedikit berbeda dengan diare pada umumnya, yang disebabkan oleh infeksi Rotavirus atau Adenovirus.

Jika diare biasa diawali dengan demam, justru diare akibat hepatitis akut akan muncul sebelum demam. Setelah mengalami diare dan sakit perut, demam akan muncul. Selanjutnya gejala yang tampak adalah warna kelopak mata yang menjadi kekuningan.

Baca Juga:RSUD Embung Fatimah dan RSBP Jadi Rujukan Rumah Sakit untuk Penyakit Hepatitis Akut di Batam

Saat dicermati pada bagian urine yang keluar, warnanya akan semakin pekat dan menyerupai air teh. Ketika hal ini terjadi, dapat menjadi indikasi kuat seorang mengalami penyakit hepatitis akut dan wajib segera diberikan penanganan medis.

Itu tadi beberapa beda diare biasa dan diare gejala hepatitis akut. Sedikit mirip memang, namun jika dicermati akan tampak perbedaan yang jelas antara keduanya, sehingga bisa menjadi informasi berguna untuk mengenali gejala tersebut. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini