Beranda Sosial dan Budaya Baznas Lebak Diminta Optimalkan Peran Unit Pengumpulan Zakat

Baznas Lebak Diminta Optimalkan Peran Unit Pengumpulan Zakat

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas Kabupaten Lebak bertempat di Aula Multatuli, Jumat (18/11/2022) - Foto istimewa

LEBAK – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas Kabupaten Lebak bertempat di Aula Multatuli, Jumat (18/11/2022).

Menurut Bupati Rakorda tersebut merupakan momentum silaturahmi, dan konsolidasi organisasi, serta sebagai wadah mengakomodir aspirasi anggotanya.

Selain itu juga sebagai ajang evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan sehingga kedepannya dapat disusun program kerja yang rasional.

Dalam sambutannya, Bupati menekankan untuk mengoptimalkan peran Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Perangkat Daerah maupun non- Perangkat Daerah sebagai jaringan pelayanan Zakat Infak Sodaqoh (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL).

“Dihimbau kepada Kepala OPD agar mendorong penguatan UPZ OPD untuk menghimpun ZIS dari setiap ASN, dan optimalkan UPZ non-OPD sebagai jaringan pelayanan ZIS dan DSKL. Mari bangun sinergitas dan kolaborasi dengan semua pihak, tumbuhkan semangat masyarakat Lebak untuk membayar ZIS sesuai dengan ketentuan,” ucap Bupati.

Sementara itu Ketua Baznas Banten, Syibli Syarjaya pun menjelaskan bahwa dalam Rakorda ada dua hal yang perlu dibahas, yakni mengevaluasi program-program yang telah dilakukan, dan penyusunan program pengelolaan zakat untuk tahun 2023.

“Dalam Rakor ini, paling tidak ada dua tugas yang dibahas, yang pertama adalah mengevaluasi program-program yang telah dilakukan oleh Baznas Kabupaten Lebak dan UPZ baik dalam pengumpulan, pendistribusian, pengendalian maupun pelaporan. Yang kedua adalah menyusun program pengelolaan zakat 2023,” ucap Syibli.

Pada kesempatan tersebut turut diberikan bantuan program ekonomi kepada tiga kelompok usaha bersama, serta diberikan piagam penghargaan kepada 5 UPZ terbaik yang sudah berkontibusi dalam pengelolaan ZIS.

(Red)