Beranda Sosial dan Budaya Baznas Kabupaten Tangerang Diminta Perkuat Manajemen Unit Pengumpul Zakat

Baznas Kabupaten Tangerang Diminta Perkuat Manajemen Unit Pengumpul Zakat

Rapat koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menghadiri rapat koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kabupaten Tangerang.

Sekda menyampaikan arahan dan  saran yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Baznas Kabupaten Tangerang di tahun-tahun yang akan datang.

“Baznas Kabupaten Tangerang harus selalu mendorong penguatan pengurus unit pengumpul zakat (UPZ), ini harus dilakukan agar nantinya dapat mengoptimalkan peran UPZ dalam memberikan pelayanan, menguatkan pemahaman fiqih zakat, regulasi, dan manajemen zakat kepada pengurus UPZ,” jelas Sekda dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022).

Dia menyampaikan, eksistensi UPZ di Kabupaten Tangerang menjadi suatu hal yang sangat penting. Mengingat, UPZ ini merupakan lembaga yang dapat membantu umat Islam dalam menjalankan salah satu ibadah wajib yaitu Zakat.

“Di sisi lain, kehadiran UPZ ini juga dapat membantu mengangkat harkat dan martabat kaum dhuafa dan juga program pemerintah untuk menghentaskan kemiskinan dan juga mensejahterakan masyarakat,” kata Sekda.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang, Achmad Nawawi mengatakan, Baznas merupakan lembaga yang berkewajiban melakukan pengelolaan zakat untuk didistribusikan kepada mustahik sesuai syariat Islam.

Pendistribusian dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Zakat dapat didayagunakan untuk usaha produktif dalam rangka penanganan fakir miskin dan peningkatan kualitas umat islam dì Kabupaten Tangerang bahkan di Indonesia.

“Mari kita maksimalkan upaya mengumpulkan pembayaran zakat melalui Baznas dan UPZ yang telah dibentuk. Selanjutya, zakat tersebut akan kita kelola dengan baik dan akan disalurkan kepada saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan. Dengan pengelolaan zakat yang baik saya yakin akan sangat membantu pemerintah dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Tangerang,” ajak Achmad Nawawi.

(Ril/Red)