Beranda Pemerintahan Bawaslu Tangsel Temukan Dua ASN Terdaftar Sebagai Bacaleg

Bawaslu Tangsel Temukan Dua ASN Terdaftar Sebagai Bacaleg

Ilustrasi - foto istimewa Republika.co.id

TANGSEL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KotaTangerang Selatan (Tangsel) menemukan dua Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang masih betstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Tangsel Muhamad Acep. Menurutnya, dua Bacaleg yang akan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang tersebut berinisial TP dan AW.

“Mereka (Bacaleg) belum membuat surat pengunduran diri sebagai ASN. Dalam aturan KPU itu, bagi ASN yang mendaftar sebagai Bacaleg harus mengundurkan diri sebagai ASN,” terang Acep, Rabu (7/6/2023).

Acep melanjutkan, TP dan AW masih aktiv sebagai ASN Pemkot Tangsel. Bahkan Senin kemarin TP mengikuti rotasi jabatan yang dipimpin Walikota Benyamin Davnie.

“Atas temuan ini saya sudah melapor ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangsel agar ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sementara saat dikonfirmasi, KPU Tangsel mengaku seluruh Bacaleg yang mendaftarkan ke KPU sampai saat ini masih dalam tahap verifikasi.

Dikonfirmasi terpisah, KPU Tangsel menyebut jika seluruh bacaleg yang telah didaftarkan partai politik masing-masing beberapa waktu lalu itu masih dalam proses verifikasi.

“KPU ini kan masih termin, masih melakukan verifikasi administrasi, belum sampai pada hasil akhir. Nah ini kita lagi mau konfirmasi ke BKPSDM terkait nama-nama ini,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tangsel, Ajat Sudrajat.

Ajat menuturkan, KPU tak bisa dengan mudah mengidentifikasi status seorang bacaleg tercatat sebagai ASN atau bukan berdasarkan berkas administrasi identitas yang dilampirkan.

“KPU kan bukan lembaga kepegawaian daerah yang tahu ini ASN atau bukan. Kalau indikasi iya bisa dicek (KTP), tapi kan kita tidak bisa memvonis. Dia bisa dikatakan sebagai ASN kalau dia punya NIK, nah untuk mengetahui itu kita harus cek ke badan kepegawaian,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ