Beranda Pilkada Serentak 2020 Bawaslu Pandeglang Gelar Rapid Test Terhadap Ribuan Pengawas TPS

Bawaslu Pandeglang Gelar Rapid Test Terhadap Ribuan Pengawas TPS

1215
0
Pelaksanaan rapid test yang digelar Bawaslu. (Memed/bantennews.co.id)

 

PANDEGLANG – Sebanyak 2.243 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) mengikuti kegiatan rapid test yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang.

Selain untuk memastikan pengawas terbebas dari virus Covid-19, rapid test merupakan bagian dari syarat yang harus dilaksanakan oleh Pengawas TPS terpilih, sebagaimana tertuang dalam surat Bawaslu RI nomor 0329/K.BAWASLU/HK.01.00/IX/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Pengawas TPS dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.





Koordinator Divisi SDM dan Organisasi pada Bawaslu Pandeglang, Lina Herlina menyampaikan, kegiatan rapid test ini dilakukan selama 3 hari yakni dari 27 – 29 November 2020 dengan tempat pelaksanaan pada 12 titik.

“Masing-masing titik terdiri dari 3 kecamatan terdekat dengan sekretariat Panwaslu Kecamatan yang dijadikan tempat pelaksanaan,” katanya, Sabtu (28/11/2020).

Adapun hasil pelaksanaan rapid test terhadap PTPS sebenarnya bisa diketahui hari itu juga, namun untuk laporan hasil rapid test ini akan diterima Bawaslu Kabupaten Pandeglang secara menyeluruh setelah semua PTPS selesai dites.

“Apabila hasil rapid test menunjukkan ada PTPS yang reaktif, maka Bawaslu akan memberikan waktu selama 3 hari kepada PTPS tersebut untuk istirahat terlebih dahulu, kemudian setelah itu akan kembali dilaksanakan rapid test yang kedua,” ungkapnya.

Kata Lina, jika ternyata setelah rapid test yang kedua juga masih reaktif maka PTPS tersebut akan digantikan oleh nomor urut selanjutnya sesuai dengan PTPS pada Desa/kelurahan tersebut.

“Kami berharap dan berdoa semoga seluruh PTPS yang mengikuti rapid test hasilnya non-reaktif, sehingga dapat memenuhi syarat untuk melaksanakan pengawasan dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara dan tentu saja kita juga berharap semoga Pilkada Pandeglang tahun 2020 ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” harapnya. (Med/Red)