Beranda Uncategorized Bawaslu Lebak Rekrut 3.992 Pengawas TPS

Bawaslu Lebak Rekrut 3.992 Pengawas TPS

Komisioner Bawaslu Lebak Deni Wahyudi. (Ali/bantennews)

 

LEBAK –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak mengrekrut 3.992 Pengawas Pemilu untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengawas Pemilu ini akan ditempatkan di TPS-TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Lebak

Deni Wahyudi, Komisioner Bawaslu Lebak Kordiv SDM dan Organisasi menyampaikan, setelah melaksanakan rakor tentang rekrutmen Pengawas TPS pada  Sabtu (2/2/2019) lali, untuk semua Panwascam melakukan rekrutmen Pengawas TPS sesuai dengan peratuaran yang berlaku.

“Kami sudah rapat koordinasi dengan semua Kordiv (Koordinator Divisi, Red) SDM dari semua Panwascam pada 28 kecamatan. Tujuannya untuk pembentukan pengawas TPS. Setiap TPS satu pengawas. Jumlah total TPS 3.992,” kata Deni kepada BanteNews.co.id, Selasa (5/2/2019).

Panwascam sudah bisa melakukan perekrutan pengawas TPS karena rapat koordinasi sudah dilaksanakan.

“Kami sengaja melakukannya lebih awal agar proses perekrutan bisa berlangsung secara ketat dan tidak terburu-buru sehingga bisa menghasilkan pengawas TPS yang berkualitas,” kata Deni.

Ditambahkannya, persyaratan untuk menjadi Pengawas TPS antara lain warga negara Indonesia, pendidikan minimal SMA, usia minimal 25 tahun, tidak pernah menjadi anggota partai politik serta persyaratan lainnya.

Deni menjelaskan, perbedaan antara Pengawas Desa dengan Pengawas TPS, yaitu pengawas TPS lebih fokus pada pemungutan suara, termasuk persiapan dan pembuatan TPS serta memastikan bahwa semua perangkat hadir di TPS.

Sementara itu terkait adanya wilayah adat dan beberapa daerah terpencil di Kabupaten Lebak, yang mungkin tidak adanya SDM yang sesuai dengan persyaratan rekrutmen pengawas TPS Deni menuturkan bahwa pengawas bisa diambil dari wilayah desa atau kecamatan yang terdekat. “Jika hal itu pun masih belum terpenuhi, kita akan segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu Propinsi,” ujar Deni. (Ali/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini