Beranda Pemerintahan Baru 5 Hari Dibuka, Kuota Mudik Gratis Pemprov Banten Habis

Baru 5 Hari Dibuka, Kuota Mudik Gratis Pemprov Banten Habis

Kepala Dishub Banten Tri Murtopo. (IST)

SERANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten menyampaikan program mudik gratis 2024 telah habis terpesan. Kuota yang habis merupakan kuota bagi pemudik yang akan kembali ke daerah asal di luar Banten.

Diketahui, pada program mudik gratis tahun ini, Dishub Provinsi Banten menyediakan sebanyak 990 kursi dengan tujuan sembilan kabupaten/kota di empat provinsi. Adapun tujuan mudik gratis di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kota Brebes, Kota Semarang dan Kota Surakarta (Solo).

Untuk tujuan DI Yogyakarta yaitu Kota Yogyakarta. Tujuan Jawa Barat, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dan Kota Cirebon. Terakhir, tujuan Sumatera Selatan yaitu Kota Palembang.

Kepala Dishub Provinsi Banten, Tri Nurtopo membenarkan jika kuota mudik gratis dari Banten ke daerah asal telah habis. Hal itu disebabkan animo masyarakat yang tinggi untuk pulang kampung saat Idul Fitri nanti.

“Sudah habis (kuotanya) sejak dibuka pendaftaran pada 10 Maret 2024,” kata Tri.

Meski begitu, Tri menjelaskan selain program mudik gratis dengan tujuan daerah asal, Pemprov Banten juga memfasilitasi warga Banten yang berada di luar daerah untuk bisa mengikuti program mudik gratis.

“Ada juga mudik gratis bagi warga Banten yang berada di luar dan ingin mudik kita fasilitasi,” ucapnya.

Tri juga memastikan, untuk program mudik gratis dengan tujuan Banten masih cukup banyak kuota yang belum terisi.

“Berdasarkan rekap pendaftar, dari daerah asal DKI Jakarta dengan tujuan Banten masih ratusan kursi yang kosong. Kalau untuk DI Yogyakarta dengan tujuan Banten tersisa 1 kursi lagi. Dan dari Jawa Barat tepatnya dari Bandung terisi 8 kursi dari 90 kursi yang disediakan, dan Bogor baru terisi 5 kursi dari 90 kursi yang disediakan,” ujarnya.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ