Beranda Pemerintahan Barisan Tenda dan Komedi Putar ‘Hiasi’ Upacara HUT RI Tingkat Kota Cilegon

Barisan Tenda dan Komedi Putar ‘Hiasi’ Upacara HUT RI Tingkat Kota Cilegon

204
0
Barisan tenda dan aneka permainan di belakang peserta upacara HUT RI ke 73 di Alun-alun Cilegon. (Foto : Gilang)

CILEGON – Pemandangan arena pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 di Alun-alun Cilegon, Jumat (17/8/2018) menjadi pergunjingan sejumlah tamu undangan yang hadir.

Betapa tidak, dari seberang barisan kursi tamu undangan terlihat jelas beragam jenis, warna dan aneka ukuran tenda pedagang yang menjadi ‘hiasan’ yang terdapat di belakang peserta upacara lengkap dengan aneka permainan seperti komedi putar dan lainnya yang biasa beroperasi pada malam hari.

“Rasanya terkesan merusak pemandangan di Alun-alun ya, kalau bisa ditata atau ditutup agar tidak merusak pemandangan, tentu kan lebih baik,” ucap salah seorang tamu undangan sebelum rangkaian upacara dimulai.

Menanggapi hal itu, Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi yang sekaligus menjadi Inspektur upacara segera menepisnya. Edi beralasan, keberadaan tenda-tenda dan aneka permainan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). “Jangan dilihat jeleklah, justru harus (lebih ditata) supaya kelihatan enak di situ. Harusnya juga nanti pedagang di situ sudah harus ikut apel juga tuh,” kilahnya usai upacara.

Dikatakan, aktivitas aneka hiburan dan tenda-tenda pedagang itu berada di atas lahan milik PT Krakatau Steel (KS) di luar luas 31.800 meter persegi, lahan milik Alun-alun Cilegon. Lebih jauh Edi bahkan menolak anggapan bila kondisi itu sudah membuat Alun-alun terkesan kumuh.

“Itu (tempat berdirinya tenda dan hiburan) masih lahan milik KS, sudah berkoordinasi dengan kita. Sudah baik kok KS itu jangan dimarahi aja,” imbuhnya.

Di bagian lain, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana mengaku tidak dapat berkomentar banyak terkait dengan aktivitas perdagangan di atas lahan KS tersebut. “Apa? tenda-tenda sama komedi putar itu yah? Wah saya ngga tahu, lagian mereka juga datang ga seizin saya,” ucapnya singkat. (dev/red)