Beranda Hukum Bapak dan Anak Kompak Curi Motor, Sudah Operasi di 40 Titik

Bapak dan Anak Kompak Curi Motor, Sudah Operasi di 40 Titik

Para tersangka digiring polisi saat konferensi pers. (IST)

JATIM – Polres Probolinggo Kota menangkap bapak dan anak pelaku pencurian sepeda motor yang telah beraksi di 40 titik.

Polisi mengamankan SA (47) dan SU (22), bapak dan anak asal Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo. Pihak berwajib juga menangkap SPR (43), yang merupakan penadah dan residivis asal Desa Kaliglagah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani mengatakan, pelaku ini telah menjalankan aksinya di 40 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayahnya.

“Dari pengakuan tersangka, sudah ada 40 TKP di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota saja. Modus operandi yang digunakan adalah bergerak secara mobilitas,” ujarnya dikutip dari TIMES Indonesia–media partner Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Jumat (10/11/2023).

Dia menjelaskan, masing-masing tersangka memiliki peran masing-masing. SU yang merupakan anaknya bertugas mengantarkan SA ke lokasi. Tersangka SA ini sebagai eksekutor.

Tercatat, SA merupakan pencuri spesialis pencurian sepeda motor di area perumahan. “Barang bukti yang berhasil diamankan termasuk tang pemotong gembok pagar, kunci T, serta mesin grinda atau pemotong. Juga sejumlah bagian motor yang sudah dirusak,” lanjutnya.

Wadi mengaku masih mendalami kasus tersebut untuk mengumpulkan barang bukti terkait pencurian di 40 (TKP).

Sementara ini barang bukti yang telah diamankan berupa dua unit sepeda motor, satu di antaranya digunakan pelaku, dan satunya hasil curian.

Tersangka SA sempat melakukan perlawanan saaat diamankan polisi pada Sabtu (4/11/2023). Dia diamankan di Jalan Raya Laweyan, setelah pulang menjual sepeda motor hasil curiannya di Jember.

“Atas tindakan pelaku, mereka terancam pasal Pasal 363 KUHP Pidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun,” ujar Kapolres Wadi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini