Beranda Kesehatan Banyak Kasus ISPA, Kepala Dinkes Kota Serang Klaim Kualitas Udara Masih Baik

Banyak Kasus ISPA, Kepala Dinkes Kota Serang Klaim Kualitas Udara Masih Baik

Kepala Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanudin.
Kepala Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanudin.

SERANG – Merebaknya kasus penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di Kota Serang ditanggapi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang. Menurut Dinkes penyebab menjamurnya penyakit ISPA bukan dari polusi udara melainkan akibat panasnya cuaca akibat El Nino.

Dari data Puskesmas se-Kota Serang diketahui bahwa jumlah pasien ISPA di Kota Serang fluktuatif. Pada bulan Februari jumlah pasien ISPA yaitu 1.227 pasien lalu di bulan Maret turun menjadi 911 pasien. Kemudian kembali terjadi kenaikan di bulan April menjadi 1.046 pasien lalu turun kembali di bulan Mei menjadi 714 pasien. Pada Juni naik jadi 1.161 kemudian Juli mencapai 1.454 dan jumlah tertinggi di bulan Agustus sebanyak 2.226.

Kepala Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanudin menuturkan jika penyebab dari menjamurnya pasien ISPA diakibatkan oleh cuaca panas belakangan ini. Menurutnya cuaca panas menyebabkan tanah menjadi kering sehingga menghasilkan debu hal tersebutlah yang diduga jadi penyebab merebaknya pasien ISPA.

“Terkait apakah ISPA karena El Nino atau polusi udara tadi rapat dengan orang LH (Dinas Lingkungan Hidup) karena orang LH punya aplikasi melihat kualitas udara di Kota Serang masih aman. Jadi kemungkinan adalah karena cuaca yang panas yang mungkin stamina daripada pasien-pasien itu yang menurun menurut saya,” tutur Ahmad.

Terkait kondisi udara di Kota Serang Ahmad mengatakan jika saat rapat penanganan El Nino di Pemkot Serang dirinya mendapatkan jawaban dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang terkait kondisi udara di Serang yang menurutnya masih baik.

“Kalau tadi saya lihat dampak dari polusi gimana tadi dijawab sama LH kualitas udara di kota Serang masih baik. Tapi kemungkinan kaitannya dengan udara yang panas akhirnya bawah itu panas debu itu banyak ini daerah daerah tertentu ya terbang-terbang mungkin juga stamina orang yang terpapar panas mungkin relatif lebih rentan,” kata Ahmad.

Dirinya menghimbau untuk masyarakat melakukan perilaku hidup sehat dan banyak minum air putih dan makan yang cukup.

Terkait langkah yang akan dilakukan oleh Dinkes Kota Serang selanjutnya, ia menuturkan akan memberikan informasi kepada masyarakat dengan bekerja sama dengan Diskominfo Kota Serang. Pihaknya juga akan memastikan persedian obat obatan untuk pasien ISPA dapat terpenuhi di semua Puskesmas.

“Penangannya memberikan informasi kepada masyarakat secara SMS blast. Jadi nanti Dinas Kesehatan memberikan himbauan apa saja terkait antisipasi terkait agar tidak terkena ISPA,” terang Ahmad. (Mg-Audindra)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini