Beranda Uncategorized Bantuan Sosial Tak Kunjung Datang, Begini Penjelasan Walikota Tangerang

Bantuan Sosial Tak Kunjung Datang, Begini Penjelasan Walikota Tangerang

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah - foto istimewa

KOTA TANGERANG – Sudah memasuki hari ke-sebelas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) upaya pengentasan Covid-19 ini. Warga Kota Tangerang hingga belum mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos).

Baik Bansos yang djanjikan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang belum didistribusikan.

Terkait hal tersebut saat di konfirmasi, Wali Kota Arief R Wismansyah, menjelaskan kalau Pemkot Tangerang belum dapat menurunkan bantuan sosial karena secara prosedur harus menunggu bantuan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi turun terlebih dahulu.

“Kita masih menunggu dari pusat dan provinsi bantuannya, gitu prosedurnya. Tadi saya komunikasi sama Pak Gubernur Banten (Wahidin Halim), Pemprov itu akan bantu dengan BJB lewat ATM,” ujarnya. Selasa, (28/4/2020).

Berdasarkan data terdapat sekira 150 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Tangerang yang akan mendapatkan bantuan sosial ini.

Arief menuturkan perbedaan bentuk bantuan juga menjadi perhatian Pemkot Tangerang saat ini.

Pemerintah pusat diinformasikan akan menyalurkan bantuan berupa bahan sembako. Sementara, Pemprov Banten dan Pemkot Tangerang akan menyalurkan uang tunai sebesar Rp600 ribu/KK yang kesemuanya diberikan selama tiga bulan berturut-turut.

“Yang jadi masalah lagi ini bentuk bantuannya beda, antara pusat sama provinsi. Kalau provinsi kasih uang dan pusat kasih barang,” katanya.

Untuk menghindari kecemburuan sosial terkait beda jenis bantuan, Kata Walikota, Ia mengajukan saran ke Gubernur untuk memetakan daerah bantuan. Karena tidak menutup kemungkinan meski tinggal bersebelahan, namun bantuan yang diberikan berbeda seperti sembako dan uang tunai.

“Barang sembako nilainya Rp600 ribu. Kalau ada yang dapat Rp600 ribu, tetangga dapat bahan makanan, kira-kira ada yang iri nggak? Nah ini saya bilang pak Gubernur datanya saya mau tarik. Saya kirim data penerima, saya tarik saya pecah ke Tangerang Timur bantuan provinsi, dan wilayah Barat bantuan pusat,” Jelas Arief.

Hingga saat ini, Ia belum mengetahui secara pasti kapan bantuan dari pemerintah pusat akan turun. Namun, Pihaknya mendapatkan kabar tak pasti bantuan dari pemerintah pusat akan turun ke Kota Tangerang di awal bulan Mei 2020.

Sementara, Lanjut Arif, langkah antisipasi warga yang membutuhkan bantuan, Pemkot Tangerang sudah menyalurkan bantuan total 350 ton beras di beberapa RW. bantuan beras tersebut untuk menambal bantuan yang belum turun dan sekiranya tidak menerima bantuan dari pihak lain agak tidak tumpang tindih.

“Kita sudah droping beras lagi 100 kilogram per RW. Kita total droping sudah 350 ton. Jadi ketentuan harus itu dulu. Dan enggak boleh dapat dobel. Aturannya kalau sudah dibantu pusat, enggak boleh dibantu provinsi dan kota. Kalau dibantu provinsi enggak boleh dibantu Kota,” pungkasnya.

(Tra/Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini