Beranda Advertorial Banten Menuju Wilayah Zona Hijau COVID-19

Banten Menuju Wilayah Zona Hijau COVID-19

1670
0
Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

SERANG – Angka penyebaran COVID-19 di Provinsi Banten terus menurun. Hal itu ditandai dengan jumlah pasien sembuh yang semakin banyak.

Dari data tertanggal 3 Agustus 2020 jumlah pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Banten sebanyak 1738 dengan pasien yang masih dirawat 243 dan pasien sembuh 1.392 dan pasien meninggal dunia 103 orang.

Sementara itu pasien dalam status suspek mencapai 14.173 dengan jumlah pasien dirawat 561 orang dan pasien yang dinyatakan bebas suspect 13.612 orang.







Selain itu pemerintah provinsi Banten juga terus berupaya untuk mengubah zona kuning menjadi zona hijau penyebaran COVID 19
meskipun diapit oleh dua daerah zona merah Provinsi Banten terus menunjukkan rendahnya penyebaran COVID.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan 15 indikator kesehatan masyarakat, menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19 berbasis data, untuk Provinsi Banten dan 8 kabupaten/kota sudah berada di zona kuning (Resiko Rendah),” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Rabu (8/7/2020) lalu.

Indikator tersebut diantaranya dari sisi epidemiologi, adanya penurunan jumlah kasus positif selama 2 pekan terakhir, penurunan jumlah kasus ODP dan PDP juga di periode yang sama.

“Kemudian penurunan jumlah meninggal dari kasus positif selama 2 pekan terakhir dari puncak (target ≥50 persen) dan penurunan jumlah meninggal dari kasus ODP dan PDP selama 2 pekan terakhir,” kata Ati yang juga juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Banten.

Selanjutnya penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di RS selama 2 pekan terakhir, penurunan jumlah kasus ODP dan PDP yang dirawat di RS selama 2 minggu terakhir.

Indikator lainnya kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif selama 2 pekan terakhir, kenaikan jumlah selesai pemantauan dan pengawasan dari ODP dan PDP selama 2 pekan terakhir serta penurunan laju insiden kasus positif per 100,000 penduduk dan penurunan angka kematian per 100,000 penduduk. (ADV)