Beranda Kesehatan Banten Harus Jadi Zona Hijau, BPBD : Masyarakat Jangan Abai Protokol Kesehatan

Banten Harus Jadi Zona Hijau, BPBD : Masyarakat Jangan Abai Protokol Kesehatan

Kepala Pelaksana BPBD Banten Nana Suryana. (Iyus/bantennews.co.id)

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten terus sosialisaikan protokol kesehatan terkait 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal itu sebagai upaya pengendalian dan  pencegahan penyebaran Covid-19 di Banten.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan harus dilakukan semua lapisan masyarakat.

“Saya melihat tingkat kedisiplinan mulai menurun dari menerapkan protokol kesehatan di antaranya mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Dan saya berharap tingkat kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat meningkat, sehingga (penyebaran) bisa ditekan. Dan Banten bisa jadi zona hijau,” kata Nana, Sabtu (3/10/2020).

Untuk itu, kata Nana, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Kita gerakkan pencegahan dan sosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan,” katanya.

Nana menjelaskan, Gubernur Banten, Wahidin Halim beberapa waktu lalu telah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara menyeluruh di delapan kabupaten/kota se Banten.

“PSBB kan sejak awal di Tangerang Raya. Karena penyebaran alami peningkatan, Pak Gubernur akhirnya mengeluarkan kebijakan PSBB di seluruh wilayah di Banten. Itu juga upaya agar penyebaran bisa ditekan,” jelasnya.

Nana mengaku, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi umum seperti tempat ibadah, pasar baik modern dan tadisional dan fasilitas umum lainnya.

“Penyemprotan disinfektan kita lakukan secara periodik. Karena ngga bisa selesai dengan sekali penyemprotan apalagi untuk tempat-tempat publik,” ujarnya. (Mir/Red/SG)