Beranda Bisnis Banten Harus Bisa Ekspor Talas Beneng Secara Mandiri

Banten Harus Bisa Ekspor Talas Beneng Secara Mandiri

Badan Karantina Pertanian Cilegon menyalurkan 2.000 bibit talas beneng ini sebagai langkah menyukseskan Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks) untuk kelompok tani Cibawang Janggot, Kecamatan Padarincang Kabupaten Pandeglang. Foto istimewa

CILEGON – Dalam rangka mensukseskan program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks), Karantina Pertanian Cilegon melaksanakan bimbingan teknis terkait ekspor dengan pelaku usaha talas beneng di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Talas Beneng merupakan salah satu kekayaan lokal nabati asal Banten yang memiliki banyak manfaatnya. Daunya bisa dijadikan bahan campuran pembuatan rokok, dapat di ekstrak untuk kesehatan, pelet pakan ikan, pupuk dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan umbinya dapat diolah menjadi tepung sebagai bahan baku pembuatan roti dan aneka makanan lainnya.

Tentunya hal ini membuat berbagai negara tertarik pada tanaman yang satu ini. Untuk itu Karantina Pertanian Cilegon akan membatu kelancaran ekspor agar talas beneng dapat lebih dikenal dunia dan mengangkat nilai ekspor wilayah Banten.

Hal ini sejalan degan apa yang dikatakan oleh Dedi Muhadi, Ketua Perkumpulan Talas Beneng Indonesia (Pertabenindo) yang ingin mengangkat Provinsi Banten agar bisa ekspor mandiri.

Sementara itu Subkoordinator Karantina Tumbuhan, Agusman Jaya menjelaskan bahwa pihak Karantina Pertanian Cilegon siap membantu para pelaku usaha talas beneng

“Kami siap membantu jika memang para pelaku usaha talas beneng ingin melakukan ekspor namun sebelum itu harus tetap melakukan koordinasi jauh hari agar bisa memenuhi persyaratan lain dari negara tujuan,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Terpisah, Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi mengatakan bahwa pihaknya mendorong pertumbuhan eksportir baru di wilayah Banten khususnya, menambah ragam komoditas ekspor termasuk mengolahnya menjadi barang setengah jadi atau produk akhir.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini