Beranda Bisnis Banten Diminta Berjuang Menjadi Lumbung Pangan Nasional

Banten Diminta Berjuang Menjadi Lumbung Pangan Nasional

Economic outlook 2023.

SERANG – BI Banten menggelar economic outlook 2023 dengan tema Kemandirian Pangan: Peningkatan Produksi dengan Optimalisasi Potensi Lokal Banten di aula gedung negara, Alun-alun Kota Serang, Senin (18/12/2023).

Acara ini dihadiri oleh Kepala BI Provinsi Banten Imaduddin Sahabat, Ketua PKK Banten Tine Al Muktabar, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, serta jajaran terkait Pemerintah Provinsi Banten.
Kepala BI Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengatakan bahwa tema kemandirian pangan menjadi penting sebagai upaya peningkatan perekonomian Banten pada tahun 2024 ke depan.

“Tahun depan kita harus memperkuat perekonomian kita ke depan, terutama peningkatan pangan. Dan kita jangan terus bergantung pada daerah lain. Jadi ke depan Banten harus mandiri agar kebutuhan ekonomi dan pangan kita kuat,” ujar Imaduddin.

Berdasarkan prediksi BI, pertumbuhan ekonomi Banten pada tahun 2024 akan mencapai level 4,8 sampai 5, 3 persen year on year. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut, BI Provinsi Banten memberikan beberapa usulan langkah yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten antara lain, sinergi kebijakan fiskal dan moneter, sinergi kebijakan stabilitas sistem keuangan, sinergi dalam hilirisasi pertanian, sinergi mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional.

Ketua PKK Banten Tine Al Muktabar turut menyampaikan dukungannya terhadap upaya kemandirian pangan di Banten. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam gerakan pangan mandiri, terutama menanam cabai.
“Kita harus mandiri soal ketahanan pangan. Semua lapisan masyarakat harus terlibat,” kata Tine.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan penting adanya peran aktif dari semua pentahelix dalam menjaga dan pertumbuhan perekonomian di Banten. “Kita harus fokus pada satu hal untuk mencapai kemandirian pangan ke depan,” ujar Al Muktabar.

Ia berharap acara Economic Outlook 2023 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen Pemerintah Provinsi Banten dan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan kemandirian pangan di Banten. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini