Beranda Pendidikan Banten Bersih dan ICW Gelar Sekolah Antikorupsi untuk Mahasiswa

Banten Bersih dan ICW Gelar Sekolah Antikorupsi untuk Mahasiswa

 

SERANG – Sebagai organisasi masyarakat antikorupsi, Banten Bersih bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Akademi Antikorupsi menggelar  Sekolah Antikorupsi (Sakti). Pelatihan ini, dilaksanakan di Kota Serang dan dihadiri mahasiwa dari berbagai universitas se-Banten.

Koordinator Banten Bersih Deny Permana mengatakan, Sakti merupakan sekolah khusus yang dibuat Akademi Antikorupsi (www.akademi-antikorupsi.org) untuk mendidik mahasiswa dan siswa soal pencegahan korupsi. Sakti di Banten, dilaksanakan mulai dari 11-13 September di Kota Serang.

“Sekolah Sakti merupakan upaya Banten Bersih dan organisasi antikorupsi dalam pelibatan ke mahasiswa untuk gerakan dan penanaman nilai-nilai antikorupsi,” kata Deny dalam keterangan kepada wartawan di Kota Serang, Banten, Jumat (11/10/2019).

Peserta Sakti, Deny melanjutkan adalah peserta yang diseleksi oleh Banten Bersih dan Akademi Antikorupsi. Sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan, ada 140 peserta yang mendaftar mengikuti Sakti dari berbagai universitas di Banten.

Setelah itu, para peserta kemudian diminta menyelesaikan modul secara online melalui situs www.akademi-antikorupsi.org. Calon siswa ditugaskan menyelesaikan modul mengenai pengetahuan awal pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Tahap kedua, ada 70 mahasiwa yang berhasil menyelesaikan modul dan berhak mendapatkan sertifikat online. Dari jumlah tersebut, Banten Bersih kemudian menyeleksi 20 orang untuk mengikuti Sakti secara off line.

Pendidikan Sakti secara off line merupakan kegiatan pelatihan pada materi-materi pembelajaran strategis pencegahan korupsi. Siswa dikenalkan pada bagaimana sejarah korupsi dan perkembangannya di Indonesia.

Siswa juga akan diajar oleh para pakar yang selama ini berkecimpung pada gerakan pemberantasan korupsi. Antara lain, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ICW dan dosen dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).  (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini