Beranda Bisnis Bank Indonesia Sebut Pertumbuhan Ekonomi Banten di Tahun 2024 Bisa Naik

Bank Indonesia Sebut Pertumbuhan Ekonomi Banten di Tahun 2024 Bisa Naik

Acara Taklimat Media Laporan Perekonomian Provinsi Banten edisi November 2023, yang diselenggarakan di Saba Resto pada Senin (12/2/2024),

SERANG – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Ameriza Ma’ruf Moesa menegaskan optimisme terhadap prospek pertumbuhan ekonomi di Banten pada tahun 2024.

Dalam Taklimat Media Laporan Perekonomian Provinsi Banten edisi November 2023, yang diselenggarakan di Saba Resto pada Senin (12/2/2024), Ameriza menyoroti potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Meskipun pertumbuhan ekonomi Banten pada tahun 2023 sedikit di bawah rata-rata nasional, kami melihatnya bukan sebagai berita buruk. Kami yakin ekonomi Banten akan tumbuh lebih cepat pada tahun 2024, dengan proyeksi antara 4,7 hingga 5,5 persen (yoy),” ujarnya.

Ameriza menjelaskan bahwa optimisme ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk pencabutan tax rebate China dan kebijakan Bea Masuk yang ditanggung oleh Pemerintah terhadap produk baja olahan dari China, yang berpotensi meningkatkan daya saing besi baja lokal. Selain itu, rencana penurunan Fed Fund Rate (FFR) pada Semester II 2024, seiring dengan membaiknya perekonomian Amerika Serikat, diharapkan akan memberikan dorongan tambahan.

“Tidak hanya itu, mulai beroperasinya pabrik baru dan peningkatan kapasitas produksi besar pada industri baja dan petrokimia juga akan menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi kami,” tambahnya.

Ameriza juga menyoroti pentingnya penerapan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah Daerah dalam pengembangan Kawasan Agroindustri dan revitalisasi saluran irigasi untuk mendukung sektor pertanian.

Sementara itu, peningkatan konsumsi rumah tangga sejalan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dan permintaan industri petrokimia domestik juga diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dengan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun 2024 dan berbagai kebijakan insentif yang masih diberikan oleh Pemerintah, kami optimis bahwa kinerja konsumsi rumah tangga akan terus meningkat,” ungkap Ameriza.

Selain itu, permintaan terhadap pariwisata domestik juga diproyeksikan akan meningkat seiring dengan peningkatan permintaan akan kualitas waktu luang. Dengan berbagai faktor ini, prospek pertumbuhan ekonomi Banten pada tahun 2024 menunjukkan potensi yang cerah, dan Bank Indonesia siap mendukung upaya-upaya untuk mewujudkannya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini