Beranda Peristiwa Banjir di Wilayah Kabupaten Serang, Ratusan Warga Dievakuasi

Banjir di Wilayah Kabupaten Serang, Ratusan Warga Dievakuasi

Tim gabungan mengevakuasi warga dari lokasi banjir di Kecamatan Labuan, Selasa (1/1/2019). (Foto : ist)

KAB. SERANG – memasuki musim hujan, wilayah Kabupaten Serang dilanda banjir. Banjir terjadi di tiga Desa di Kecamatan Kopo Kabupaten Serang dengan tinggi rata-rata 30-70 sentimeter terpantau hingga malam.

Dampak banjir mengakibatkan 500 rumah di Kampung Penanggulang RT.11,12,13 terendam banjir. Akibatnya sebanyak 590 jiwa dievakuasi.

Sementara di 2 Desa lagi yaitu Kampung Kamarang Desa Cidahu sebanyak 150 rumah dan 400 jiwa terendam banjir. Sedangkan Desa Rancasumur masih dalam pendataan.

“Upaya yang dilakukan sebanyak satu pleton TRC BPBD dari berbagai klaster diberangkatkan untuk melakukan penanganan (Klaster Rescue, Medical, Sarpras/Logistik) dan satu tim ditugaskan melakukan pemantauan menyisir wilayah sepanjang aliran sungai Cidurian dan Ciujung,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana, Rabu (1/1/2020).

Dia menuturkan bahwa operator pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana masih terus melakukan koordinasi dan pemantauan dari semua sumber daya terkait kondisi situasi di wilayah Kabupaten Serang.

“Rencana aksi lanjutan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD membuat pemetaan daerah-daerah potensi banjir terutama yang dilalui DAS Cidurian dan Ciujung. Pengendalian dan Pemusatan Pengungsian serta pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi,” imbuhnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini