Beranda Kesehatan Bangun Tidur Pakai Alarm Ternyata Berdampak Buruk Bagi Jantung

Bangun Tidur Pakai Alarm Ternyata Berdampak Buruk Bagi Jantung

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Kebanyakan orang bunyi alarm adalah syarat mutlak untuk bangun tidur tepat waktu. Alarm ponsel maupun jam weker yang mengeluarkan suara keras dianggap sebagai cara yang efektif, sehingga tak pernah absen dari sisi tempat tidur.

Menurut dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, alarm tak masalah jika digunakan sesekali. Namun sebaiknya jangan menjadi hal rutin.

“Suara yang keras menyebabkan seseorang terbangun dalam kondisi kaget dan berdebar. Peningkatan detak jantung berisiko mengakibatkan stroke. Apalagi pada orang berusia lanjut yang fungsi jantungnya menurun,” kata dr Eka dilansir detik.com.

Untuk meminimalkan penggunaan alarm, dr Eka menyarankan melatih irama sirkadian di dalam tubuh. Irama sirkadian menjadi jam biologis tubuh yang menentukan saatnya bangun dan tidur.

Hasilnya, seseorang bisa langsung bangun jika waktunya tiba tanpa bantuan alarm. Menurut dr Eka, melatih irama sirkadian bisa dilakukan dengan menetapkan jadwal bangun dan tidur di waktu yang sama. Jadwal memungkinkan tubuh menghapal jam biologis sehingga bisa bangun dan tidur tepat waktu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini