Beranda Kesehatan Bangun Tidur Hidung Terasa Mampet, Mungkin Ini Penyebabnya

Bangun Tidur Hidung Terasa Mampet, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Bangun tidur terasa hidung mampet padahal sedang tidak terkena flu. Jika pernah, pasti kamu kebingungan apa yang sebenarnya tengah dialami tubuhmu.

Hidung mampet biasanya terjadi saat ada mukus atau ingus yang bersarang di rongga hidung dan menghalangi jalur napas.

Tenang, beberapa alasan ini mungkin menjadi jawaban mengapa kamu terbangun dengan hidung mampet, seperti dikutip dari detik.com.

1. Alergi

Alasan yang paling umum adalah alergi. Menurut data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) tahun 2005-2006, 74 persen manusia terpapar 3-6 alergen di kamar tidur setiap malamnya.

Setiap kali kamu berguling ditempat tidur, menyesuaikan selimut, atau menepuk-nepuk bantal, kamu mungkin saja mengirim alergen ke udara. Tidak heran hidung kita meradang pada malam hari.

2. Iritasi

Tersumbatnya hidung di pagi hari juga bisa karena adanya iritasi. Seperti pada pengidap GERD (Gastro-esophageal reflux disease). Penelitian mengungkapkan bahwa GERD berhubungan dengan rhinitis atau radang selaput lendir yang gejalanya bisa memburuk saat tidur.

3. Perubahan hormon

Hormon berubah saat wanita tengah hamil atau menstruasi. Sekitar 39 persen wanita hamil mengalami rhinitis atau radang selaput lendir yang bisa membuat hidung mampet setiap bangun tidur.

4. Perubahan cuaca

Saat musim tengah berganti biasanya mudah sekali menurunkan sistem kekebalan tubuh, salah satu gejalanya yaitu hidung mampet di pagi hari. Biasanya ini disebut alergi musiman. Saat musim berganti, sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan dan jagalah kebersihan.

5. Bulu hewan

Asosiasi kedokteran hewan di Amerika memperkirakan sekitar 70 juta rumah di Amerika terpapar bulu hewan, seperti anjing, kucing, atau burung. Bulu-bulu hewan itu tidak dipungkiri memengaruhi peradangan pada saluran pernapasan, yang paling utama adalah rongga hidung. Maka dari itu, saat bangun tidur hidung mudah tersumbat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini