Beranda Nasional Bangun Rumah Tahan Gempa, Jokowi Siapkan Lahan 2,5 Hektare di Cianjur

Bangun Rumah Tahan Gempa, Jokowi Siapkan Lahan 2,5 Hektare di Cianjur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kembali desa yang terdampak gempa dan para pengungsi di Kabupaten Cianjur - foto istimewa

CIANJUR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kembali desa yang terdampak gempa dan para pengungsi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kedatangan Jokowi untuk memastikan penanganan pasca gempa berjalan dengan baik.

Jokowi mengatakan, pemerintah telah membuat rumah buat relokasi bagi warga terdampak gempa. Salah satunya ialah Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Jokowi mengatakan, lahan seluas 2,5 hektar di desa tersebut akan dibangun ratusan rumah tahan gempa. Jokowi menargetkan  1.600 rumah tahan gempa bagi warga yang terdampak gempa.

“Di lahan seluas 2,5 ha, akan dibangun 200 rumah tahan gempa. Selain di lokasi ini, pemerintah juga hendak membangun 1.600 rumah serupa di lokasi lainnya,” ucap Jokowi dikutip dari akun Twitter-nya, Selasa (6/12/2022).

Jokowi menjelaskan, relokasi diprioritaskan bagi warga yang rumahnya berada di pusat gempa, terutama di Kecamatan Cugenang. Sementara itu, warga yang tidak direlokasi pemerintah juga menyiapkan bantuan.

“Untuk rumah warga yang tidak direlokasi akan diberikan bantuan yang besarannya menyesuaikan tingkat kerusakan,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meninjau pesantren yang terdampak gempa Cianjur. Jokowi Berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Falah di Desa Jambudipa.

Jokowi menyapa dan membagikan bantuan kepada para santri dan pengungsi di sekitarnya. Pondok pesantren ini salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Cianjur yang terkena dampak gempa beberapa waktu yang lalu.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini