Beranda Bisnis Bangun Pelabuhan Warnasari, Pemkot Cilegon Teken MoU dengan PT Chandra Asri dan...

Bangun Pelabuhan Warnasari, Pemkot Cilegon Teken MoU dengan PT Chandra Asri dan KS

Pemkot Cilegon Teken MoU dengan PT Chandra Asri dan KS terkait pembangunan Pelabuhan Warnasari

CILEGON – Rencana Pembangunan Pelabuhan Warnasari kembali dilanjutkan. Itu setelah Pemkot Cilegon melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Chandra Asri Petrochemical dan PT Krakatau Steel (KS).

MoU digelar disela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kota Cilegon Tahun 2024 di The Royale Krakatau Hotel Cilegon, Selasa (21/3/2023).

Walikota Cilegon, Helldy Agustian menyatakan MoU ini merupakan kelanjutan sebelumnya dengan PT KS saat Silmy Karim menjabat Dirut perusahaan baja terpadu tersebut.

“Kemudian dari beberapa item itu memang ada kemajuan artinya untuk bekerjasama dengan di luar dari kita yaitu pihak ketiga salah satunya PT Chandra Asri Petrochemical yang notabene kita punya kesamaan untuk bekerjasama untuk membangun Cilegon yang lebih baik lagi,” ujar Helldy usai acara.

Untuk selanjutnya, kata Helldy, Pemkot Cilegon akan melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan pembahasan bisnis yang akan dilakukan.

“Bentuk kerjasamanya kita akan lakukan pengkajian, DED (Detail Engineering Design) dan semuanya kita lakukan pendalaman, ini masih berproses,” ucapnya.

Dalam MoU ini, kata Helldy, belum bicara perihal nilai investasi berapa yang akan digelontorkan untuk membangun pelabuhan yang diwacanakan sejak kepemimpinan Tb Aat Syafa’at itu.

“Kalau nilai investasi belum tahu berapa, itu nanti perhitungan sesuai DED dan lainnya,” ucap Helldy.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Chandra Asri Petrochemical, Erwin Ciputra menyatakan dalam kerjasama ini pihaknya bakal membangun pelabuhan sesuai dengan rencana Pemkot Cilegon.

“Kita sih planingnya akan bangun pelabuhan sesuai dengan keinganan pak walikota dan Pemkot Cilegon. Untuk nilai investasinya belum, masih dijajaki, masih tahap awal, nanti kalau ada kita langsung sharing,” ujarnya singkat.

Di tempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) PT KS, Purwono Widodo menyatakan pihaknya bakal membangun pelabuhan sesui visi Pemkot Cilegon.

“Kan kita ini tiga-tiganya ingin membangun pelabuhan, kesamaan visinya itu kita jadikan satu kerjasama, kan Pemkot ingin punya Pelabuhan, KS ingin bangun pelabuhan, Chandra Asri ingin bangun Pelabuhan, ya kita jadikan satu, masa bangun Pelabuhan mau sendiri-sendiri, kita koordinasikan jadi satu,” katanya.

Dia menyatakan bisnis Pelabuhan di Kota Cilegon sangat menggiurkan. “Binis Pelabuhan ini sangat menggairahkan, itu juga untuk mengantisipasi pengembangan baja maupun Petrochemical, namun untuk kapan akan dibangunnya kita akan melakukan kajian dulu,” imbuhnya.

(Man/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini