Beranda Peristiwa Bangkitkan Ekonomi, Gebyar Senyum Nusantara Kabupaten Serang Dibuka

Bangkitkan Ekonomi, Gebyar Senyum Nusantara Kabupaten Serang Dibuka

Gebyar Senyum Nusantara yang di gagas oleh Graha Kreatif resmi dibuka pada Selasa (19/10/2021)

KAB. SERANG – Gebyar Senyum Nusantara yang di gagas oleh Graha Kreatif resmi dibuka pada Selasa (19/10/2021) di Kampung Katileng, Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri berharap Gebyar Senyum Nusantara dapat menginspirasi para pemuda dan pelaku UMKM lainnya.

“Graha Kreatif harus menjadi pelopor, menjadi lokomotif UMKM di Kabupaten Serang,” ucap Entus.

Permasalahan umum yang dihadapi oleh para pelaku UMKM yakni meliputi 3 hal, seperti permodalan, bahan baku, dan pemasaran. Kendati demikian, kata Entus permodalan tidak hanya tentang uang namun juga kreativitas.

“Seiring dengan kemajuan teknologi, tuntutan zaman. Ingin saya sampaikan, bahwa bagi orang kreatif modal itu bukan uang tapi kreativitas itu sendiri yang menjadi modal, pasar itu adalah dunia, dan modal adalah informasi. Kita bicara masalah modal, kalau bapa ibu pelaku UMKM punya kreativitas yang tinggi maka bank pun akan datang sendiri. Sekarang misalnya, Kepala Bank bjb hadir disini karena melihat graha kreatif ini punya peluang usaha untuk berkembang dengan baik, jadi bukan uang tetapi kreativitas modal kita,” jelasnya.

Terkait pemasaran, para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan internet dengan memasarkan secara online ke seluruh dunia.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Shinta Asfilian Harjani, Kepala Dinas Pertanian (Distan), Zaldi Dhuhana, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), Anas Dwi Satya Prasadya, Camat Jawilan, Deputi Regional Bank bjb Kanwil 4 Serang, dan Somi Muhammad Yunus.

Pendiri Graha Kreatif, Johani Fauzin mengatakan, digelarnya Gebyar Senyum Nusantara bertujuan mengangkat sektor UMKM di Kabupaten Serang khususnya di daerah sekitar Kecamatan Jawilan. Tema kegiatan yang diusung kali jni adalah ‘’Bersama UMKM Desa, Kita Bangkitkan Perekonomian Nasional.’’

Gebyar Senyum Nusantara juga di isi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat perihal peningkatan ekonomi praktis yang dapat diterapkan nantinya oleh para peserta atau pengunjung.

“Acara ini juga di dukung oleh bank bjb, selaku instansi yang akan bekerjasama dengan kami selaku pihak yang ditunjuk untuk membantu memberikan dukungannya kepada para UMKM yang ada di wilayah sekitar,” kata Johani.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini