Beranda Politik Bakal Sengit, Ketua Parpol Adu Kekuatan di Pilkada Kota Serang

Bakal Sengit, Ketua Parpol Adu Kekuatan di Pilkada Kota Serang

Ilustrasi - foto istimewa google.com

SERANG – Pilkada Kota Serang diprediksi bakal sengit karena banyaknya tokoh yang bakal maju. Sejumlah ketua parpol diprediksi bakal maju di Pilkada Kota Serang 2024. Mereka bakal adu kekuatan untuk merebut posisi kepala daerah di ibukota Provinsi Banten.

Ketua DPD Golkar Kota Serang, Ratu Ria Maryana sudah mempersiapkan diri bakal maju sebagai kandidat dalam pilkada Kota Serang. Wakil Ketua DPRD Kota Serang ini juga memilih tidak maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) agar lebih fokus dalam pilkada.

Selain telah mengantongi restu dari DPP Golkar, Ratu Ria sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi terkait rencana pencalonan dirinya. Ia juga sudah melakukan penjajakan dengan parpol lain untuk membangun koalisi.

Nama Ketua DPC Gerindra Kota Serang, Budi Rustandi juga mencuat sebagai salah satu sosok yang bakal maju di Pilkada Kota Serang. Pasca pemilihan legislatif, sejumlah alat kampanye terkait rencana pencalonan Ketua DPRD Kota Serang banyak terpasang di berbagai sudut wilayah Kota Serang.

Budi juga sudah melakukan safari politik ke beberapa pengurus parpol lain untuk menjajaki koalisi. Pada 4 April lalu, ia mendatangi kantor PKS Kota Serang dan dilanjutkan dengan mendatangi kantor NasDem Kota Serang pada 6 April.

“Saya pribadi punya niatan untuk menjadi calon Walikota Serang. Kedatangan kami bukan atas nama pribadi tapi partai,” ujar Budi Rustandi, dalam sambutannya di kantor DPC NasDem Kota Serang.

Hasan Basri, Ketua DPD PKS Kota Serang menjadi salah satu nama yang disebut-sebut bakal maju sebagai salah satu kandidat di pilkada Kota Serang.

Pada 20 Juli 2023 lalu, PKS sempat mendeklarasikan Hasan Basri sebagai bakal calon Walikota Serang untuk bertarung di Pilkada 2024.

Deklarasi tersebut berlangsung di Kantor DPD PKS Kota Serang sekaligus peluncuran buku &Hasan Basri dalam Potret Media’. Kendati demikian Hasan Basri menegaskan bahwa pada pilkada nanti, partainya akan berkoalisi dengan partai lain karena syarat untuk bisa mengusung calon minimal 9 kursi sedangkan PKS pada pileg kali ini hanya mendapatkan 6 kursi.

Dalam dua pekan terakhir kantor PKS Kota Serang cukup sering dikunjungi pengurus partai lain untuk membangun koalisi, di antaranya dari Gerindra dan Partai Demokrat.

Kenaikan perolehan kursi di pileg 2024 tampaknya membuat percaya diri Ketua DPC NasDem Kota Serang Roni Alfanto untuk ikut maju di Pilkada Kota Serang. Saat buka bersama dengan para wartawan pada 4 April 2024, Roni Alfanto mengaku dirinya siap ikut meramaikan kontestasi Pilkada Kota Serang 2024. Kendati demikian ia belum mau menyebut apakah dirinya bakal maju sebagai bakal walikota atau wakil walikota.

“Insha Allah saya ikutan, tapi sebagai apanya belum,” ujar Roni Alfanto.

Ketua PDIP Kota Serang Bambang Janoko juga kini cukup massif mensosialisasikan dirinya bakal maju di Pilkada Kota Serang. Bambang yang gagal meraih kursi dalam pileg 2024 bakal ikut penjaringan bakal calon walikota yang akan digelar partainya. Penjaringan bakal calon kepala daerah digelar DPC PDIP Kota Serang mulai 15 April kemarin hingga selama 10 hari.

“Termasuk saya pun nanti akan daftar. PDIP juga kan ingin menang di pilkada, karena selama ini hanya jadi penonton, dan tahun ini kami akan jadi pemain,” tuturnya.

Ketua DPW PAN Banten, Syafrudin yang juga petahana Walikota Serang dipastikan bakal maju kembali dalam pilkada Kota Serang. Ia telah mengantongi rekomendasi dari DPP PAN.

Ketua DPW PPP Banten, Subadri Ushuludin yang juga petahana Wakil Walikota Serang juga diprediksi bakal maju dalam Pilkada Kota Serang 2024. Subadri yang kalah suara di pileg DPR RI kemungkinan bakal kembali bertarung di pilkada. Walau dilakukan secara informal, Subadri telah melakukan komunikasi politik dengan pengurus parpol lain, di antaranya dengan Ketua DPC Gerindra Kota Serang, Budi Rustandi.

“Ada pembahasan soal Pilkada, karena dia (Budi Rustandi) juga kan ada rencana sama mencalonkan di Pilkada Kota Serang tahun 2024,” katanya. (Ink/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini