Beranda Kesehatan Baiknya Sarapan atau Sikat Gigi Dahulu? Begini Kata Pakar

Baiknya Sarapan atau Sikat Gigi Dahulu? Begini Kata Pakar

Ilustrasi - foto istimewa manaberita.com

Kamu suka galau saat setelah bangun tidur, ingin sikat gigi atau sarapan terlebih dahulu?Tim yang sarapan terlebih dahulu dianggap lebih baik karena sikat gigi setelah dapat menghilangkan sisa makanan yang menyelip.

Supaya tidak galau lagi, menurut ahli Dr Scott Frey dari Freysmiles, sikat gigi lebih baik dilakukan sebelum sarapan. Kemudian dilanjutkan dengan kumur untuk membersihkan sisa makanan.

“Sikat gigi sebaiknya sebelum sarapan. Jika harus dilakukan setelah sarapan sebaiknya beri jeda 30 menit. Waktu tunggu menjamin tingkat keasaman di mulut kembali normal. Jika ingin lebih cepat bisa dilakukan dengan berkumur air putih, yang punya tingkah keasaman cenderung basa,” katanya dikutip dari detik.com.

Langsung sikat gigi setelah makan atau minum, apalagi yang mengandung asam, berisiko membahayakan lapisan pelindung gigi atau enamel. Dengan enamel yang lemah, gigi bisa mengalami abrasi dan makin sensitif.

Keuntungan lain adalah mengembalikan salivation process dalam rongga mulut. Air liur yang menutupi rongga mulut memudahkan proses mengunyah dan

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini