Beranda Berita Bahaya! Kapal Selam Prancis Melintas di Laut Selat Sunda Tanpa Terdeteksi

Bahaya! Kapal Selam Prancis Melintas di Laut Selat Sunda Tanpa Terdeteksi

Ilustrasi Kapal Selam - foto istimewa VOA Indonesia

SERANG – Warganet dihebohkan dengan munculnya pernyataan bahwa kapal selam milik Negara Prancis melintas di Laut Selat Sunda, yakni perairan antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Kapal selam tersebut melintas tanpa terdeteksi sehingga leluasa melintas di perairan Indonesia. Kapal selam itu merupakan tindak lanjut agresif China di Laut China Selatan. Sehingga Prancis telah mengerahkan kapal selam bertenaga nuklir ke wilayah yang disengketakan tersebut.

Belum lama ini Angkatan Laut Prancis menyatakan bahwa kapal selam serang bertenaga nuklir telah kembali dengan selamat setelah melalukan misi ke Laut China Selatan.

Prancis telah melakukan unjuk kekuatan di tengah ketegangan yang memburuk antara China dan negara-negara tetangga di wilayah tersebut.

Melansir Express.co.uk yang dikutip dari grid.id, pada Minggu (25/4/2021) dalam misi tujuh bulan, kapal selam kelas Rubis menavigasi melalui perairan yang diperebutkan ketika Militer China berusaha untuk mendorong klaim strategis mereka atas titik nyala geopolitik.

Kapten kapal selam Prancis Antoine Delaveau mengatakan kepada Navy News bahwa kapal selam itu berhasil beroperasi sebagian tanpa terdeteksi. Dia mengatakan kru telah mengarungi kapal, bernama Émeraude, “dengan diam-diam.”

Komandan menambahkan, kapal selam tersebut telah muncul ke permukaan sebelum bergerak melalui Selat Sunda antara Jawa dan Sumatera. Captian Delaveau melaporkan bahwa Émeraude berhasil menyeberangi Laut China Selatan tanpa insiden.

Dia mengatakan kepada Navy News bahwa tujuan kapal selam itu adalah untuk memperkuat perjanjian navigasi internasional dengan “berlayar bebas” melalui laut yang saat ini diperebutkan antara China, Vietnam, dan Filipina.

Melansir Intisari dari Navy Recognition, Émeraude adalah kapal selam serang nuklir dari generasi pertama kapal selam serang Angkatan Laut Prancis.

Emeraude adalah yang ke-4 dari 6 SSN kelas Rubis. Platform multi-peran dalam evolusi konstan, 6 SSN Angkatan Laut Prancis sangat penting untuk keselamatan dan dukungan operasi SSBN (kapal selam rudal balistik) Prancis dan untuk perlindungan kekuatan proyeksi angkatan laut (kelompok pemogokan kapal induk).

Kapal-kapal selam itu menimbulkan “ancaman permanen” bagi musuh potensial karena kemampuannya untuk mencapai teater operasi dengan cepat dan tetap berada di sana untuk waktu yang lama, secara diam-diam.

Di semua zona operasi ini, SSN dapat mengumpulkan intelijen, melakukan operasi khusus. Jika perlu, SSN ini juga dapat mengerahkan senjatanya: torpedo, rudal anti-kapal, dan ranjau.

Emeraude S604 ditugaskan pada tahun 1988 dan digunakan untuk perang anti-permukaan dan anti-kapal selam. Kapal selam tersebut memiliki panjang 73,6 m, balok 7,6 m, dan draft 6,4 m. Ini memiliki 70 orang awak termasuk 10 petugas.

(Red)