Beranda Artis Bahasa Jaseng Go Internasional lewat Film Yuni, Pemkot Serang Beri Apresiasi

Bahasa Jaseng Go Internasional lewat Film Yuni, Pemkot Serang Beri Apresiasi

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin dan Nazla Thoyib saat diwawancara wartawan. (IST)

SERANG. – Lewat film Yuni, bahasa daerah Banten yakni Jawa Serang dan Sunda Banten semakin dikenal. Dialog dalam film garapan sutradara Kamila Andini yang diproduksi Fourcolours tersebut menggunakan dua bahasa daerah di Banten.

Film Yuni diputar di berbagai festival internasional dan meraih sejumlah penghargaan, di antaranya pemenang pada program Platform Toronto Internasional Film Festival (TIFF) dan pemenang Snow Leopard Best Actress untuk Arawinda Kirana yang memerankan Yuni pada ajang Asian World Film Festival.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin memberikan apresiasi kepada film Yuni yang telah mengangkat bahasa Jawa Serang. Kebanggaan ini disampaikan Wakil Walikota saat berbincang dengan Nazla Thoyib (pemeran Ende) dan Ade Ubaidil (coach dialect) di ruang kerjanya. Nazla dan Ade merupakan talent dan kru lokal dalam film Yuni yang diberi kesempatan untuk menghadiri Internasional Festival Film Of India, di Kota Goa, India pada 20-28 November nanti,

“Saya sangat senang sekaligus bangga baik secara pribadi maupun Pemkot Serang, karena para pelaku seni di Banten bisa terlibat dalam film Yuni dan membawa bahasa Jaseng ke kancah internasional,” kata Subadri, Rabu (17/11/2021).

Subadri juga siap mendukung Nazla dan Ade yang akan menghadiri Internasional Festival Film Of India. Bahkan, Pemkot Serang j akan memberikan  batik khas Kota Serang untuk dipakai Nazla dan Ade pada acara festival tersebut.

“Tentunya kami akan dukung penuh, apalagi bisa membawa nama harum Banten khususnya Kota Serang, dan juga mengenalkan budaya Kota Serang lewat film dari mulai bahasa maupun makanan khas dan lainnya,” tegasnya.

Subadri juga berjanji kan  nonton bareng film Yuni bersama  ASN  Pemkot Serang saat film ini diputar di Bioskop.

Sementara itu Nazla Thoyib mengaku akan memanfaatkan kesempatan hadir di festival film di India tersebut untuk semakin memperkenalkan budaya yang ada di Banten, khususnya Kota Serang.

“Saya juga ucapkan terima kasih karena Pemkot Serang telah memberikan apresiasi dan dukungannya,” ujarnya. (Ink/Red)