Beranda Bisnis Bahan Sirup Fruktosa Jagung Asal Cilegon Senilai Rp3 Miliar Diekspor ke Vietnam

Bahan Sirup Fruktosa Jagung Asal Cilegon Senilai Rp3 Miliar Diekspor ke Vietnam

Karantina Pertanian Cilegon memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dengan tindakan karantina - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dengan tindakan karantina. Kali ini dua jenis turunan jagung yaitu sirup fruktosa jagung sebanyak 408,5 ton dan 111 ton tepung jagung dengan nilai total Rp3 miliar dikirim ke Vietnam.

Abad Badrusalam, Pemeriksa Karantina Tumbuhan mengatakan bahwa tidakan karantina meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesesuaian alat angkut dan keamanan pangan dan pakan.

“Bahwa sirup fruktosa jagung merupakan pemanis buatan dari turunan produksi jagung yang digunakan sebagai pemanis dalam makanan kemasan dan minuman kemasan, sementara tepung jagung digunakan untuk membuat makanan lebih padat dan pulen,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengatakan bahwa karantina melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap organisme tumbuhan pengganggu sesuai dengan standar operasional prosedur serta memastikan jaminan mutu produk yang dilakukan dalam serangkaian tindakan karantina tumbuhan.

“Kami lakukan untuk memfasilitasi ekspor, dengan menerbitkan phytosanitary certificate (PC) yang disyaratkan oleh negara Vietnam agar ekspor diterima negara tujuan dan tidak mengalami penolakan,” pungkas Arum.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini