Beranda Kesehatan Badiklat Pandeglang Bakal Jadi Tempat Karantina Covid-19

Badiklat Pandeglang Bakal Jadi Tempat Karantina Covid-19

Gedung Badiklat Pemprov Banten.

SERANG – Setelah menggunakan rumah dinas gubernur Banten di Pendopo Lama, Kota Serang untuk karantina tenaga kesehatan RSUD Banten, kini Pemprov Banten menyiapkan gedunh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) atau Badiklat Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang untuk karantina.

“Ketika terjadi lonjakan pegawai yang meminta untuk karantina, maka alternatif kedua kami juga sediakan pelayanan tempat karantina di Badiklat Pandeglang milik Pemprov Banten,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Banten Ati Pramudji Hastuti kepada wartawan, Sabtu (28/3/2020).

Di sana, kata Ati bisa menampung sebanyak 130 orang. Petugas kesehatan mulai dari dokter hingga perawat mendapatkan fasilitas menginap, bus antar jemput ke rumah sakit, makan tiga kali sehari, vitamin, ekstra puding, gaji, tunjangan, insentif perawatan.

Sejauh ini, Ati menambahkan bahwa tenaga kesehatan yang sebelumnya tercatat 121 orang yang siap karantina, hanya 20 orang yang menempati rumah dinas Gubernur Banten di Pendopo Lama.
“Selebihnya alasan belum izin keluarga dan persiapan sebelum karantina,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten tersebut.

Di rumah dinas Gubernur Banten yang lama tak berpenghuni itu, pihaknya menyediakan ruang tidur, ruang tamu, jaringan internet dan area untuk berjemur.

Terkait dengan petugas kesehatan baik dokter maupun perawat yang pulang ke rumah masing-masing, Ati memastikan bahwa mereka sudah aman dari penularan virus Corona. “Kami sudah membicarakan ini jauh-jauh hari dengan Kementerian Kesehatan, IDI, dokter spesialis. Bagaimana agar aman meski melayani Covid-19. Kami menggunakan (opsi) manajemen risiko dengan (membekali) APD lengkap sehingga tidak ada kontak virus dan pasien. Kami juga sudah lakukan pemetaan zona pekerja dan zona pasien. Zona pekerja menggunakan sterilisasi,” kata dia.

Di samping itu kebutuhan pekerja seperti makan, eksta puding, vitamin dosis tinggi serta rapid test berkala untuk memastikan kondisi tenaga pelayan kesehatan tetap aman.

“Dengan menajemen risiko tetap terjaga kesehatannya tidak terkontaminasi dan tidak menularkan kepada keluarga di rumah,” ujarnya.
(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini