Beranda Pemerintahan Badan Pusat Statistik Kota Serang Selenggarakan Pendataan Registrasi Ekonomi 2022

Badan Pusat Statistik Kota Serang Selenggarakan Pendataan Registrasi Ekonomi 2022

Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Serang, Rabu (21/9/2022) - Foto istimewa

SERANG – Dalam rangka akurasikan data yang ada di masyarakat Walikota Serang, Syafrudin hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Serang, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan Pendataan tersebut merupakan hasil dari Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada tanggal 16 Agustus kemarin.

Seperti yang disampaikan oleh Walikota Serang, Syafrudin bahwa kegiatan pendataan kependudukan pada tahun ini berbeda dengan pendataan pada tahun sebelumnya, yang mendata hanya beberapa bagian besar saja. Namun pendataan pada tahun ini, merupakan pendataan yang cukup rinci sampai kepada Registrasi Sosial Ekonomi.

“Pendataan ini bukan hanya jumlah pendataan penduduk saja namun juga termasuk registrasi sosial ekonomi termasuk sosial ekonomi kemasyarakatan, kesehatan, aset kemudian kondisi demografi yang ada di wilayah masing-masing di kota serang,” ujarnya.

Menurutnya hal tersebut merupakan suatu program yang sangat membantu Pemerintah Kota Serang, untuk menghadapi pendataan yang lebih akurat untuk tahun 2024 nanti.

“Kami Pemerintah Kota Serang mengucapkan terimakasih kepada Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Serang yang pada hari ini mengadakan rapat persiapan dalam rangka pendataan registrasi sosial ekonomi masyarakat, tentu ini akan membantu Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam menyalurkan bantuan dan hal sebagainya,” ujarnya.

Kegiatan Pendataan Masyarakat tersebut akan berlangsung selama satu bulan penuh yang akan dimulai sejak tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November dan dilaksanakan secara Door to Door.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Serang Faizin menambahkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka satu data indonesia, untuk menyesuaikan pendataan masyarakat Kota Serang.

“Jadi nanti berbagai macam program dari kementerian, dari OPD dan Daerah itu ngambil datanya dari sini, dan ini akan bisa dipakai pada semester 2 tahun 2023, “ujarnya.

Faizin menambahkan bahwa dirinya optimis dalam kurun waktu satu bulan pendataan selesai dilaksanakan, jika setiap pihak dan unsur masyarakat dapat bekerjasama dalam program satu data tersebut.

“Semua petugas kita kerahkan sebanyak 1.013 orang di Kota Serang, petugas itu akan kami bimtek selama dua hari sehingga untuk persamaan persepsi dilapangan sudah sesuai, “ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ