Beranda Peristiwa Badan Geologi Survei Penelitian Tanah Bergerak di Lebak

Badan Geologi Survei Penelitian Tanah Bergerak di Lebak

257
0
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan survey penelitian terhadap tanah bergerak di Kampung Jampang Cikuning RT 01 dan 02, Desa  Sudamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak.

LEBAK – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan survei penelitian terhadap tanah bergerak di Kampung Jampang Cikuning RT 01 dan 02, Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak.

Kegiatan tersebut untuk mengetahui kondisi tanah di desa setempat dan tanah yang akan direncanakan untuk relokasi, Selasa (12/2/2019).

Penyelidik Bumi Pusat Vulkanolgi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementrian ESDM, Yunara Desatriana mengatakan saat ini di kampung tersebut telah terjadi pergerakan tanah akibat tanah dan batuan yang bersifat mudah meloloskan air.

”Sudah kita kroscek, hasilnya sejumlah air yang meresap ke dalam tanah tersebut tertahan dengan batuan kedap air di bawahnya sehingga kemudian terakumulasi. Dan kontur tanah yang yang tidak curam akhirnya menyebabkan pergerakan tanah tersebut terjadi dengan lambat,” kata Yunara.

Menurut Yunara, pihaknya akan segera membuat rekomendasi terkait pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Cikuning Jampang.

“Nanti kita sampai hasil rekomendasi ini,” tandasnya. (Ali/Red)