Beranda Gaya Hidup Baca Nih, Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja!

Baca Nih, Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja!

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Pertama kali berhadapan dengan orang baru memang gampang-gampang susah. Apalagi bertemu orang-orang baru di lingkungan kerja. Selain harus menyesuaikan diri dengan pekerjaan anyar, kamu juga harus beradaptasi di zona yang masih serba asing itu.

Menyesuaikan diri dengan orang-orang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya memang butuh trik tertentu, salah satunya menghindari hal-hal yang bikin mereka gak nyaman saat bertemu pertama kali sama kamu.

Apa saja sih kira-kira hal-hal yang bikin kamu gak bisa ‘diterima’ sama teman-teman baru di lingkungan kerja? Berikut seperti dilansir IDN Times.

1. Makeup di hari pertamamu kerja terlalu tebal. Kamu mau ke kantor atau kondangan?

Teman-teman barumu akan menyoroti makeup-mu yang terlalu tebal. Mereka akan jadi ilfeel sama kamu karena kamu dianggap berlebihan. Percayalah, kalau kerjamu tak bertemu dengan klien atau dengan banyak orang, pakai makeup yang wajar-wajar saja, kalau perlu, kamu cuma perlu pakai basicmakeup saja.

2. Salah kostum saat masuk kerja, menandakan kamu gak siap kerja dan justru menimbulkan kesan gak sopan

Salah kostum itu wajar, tapi kalau keterlaluan, kamu bisa dianggap gak siap kerja. Misalnya kamu kerja di tempat yang mengharuskan berkostum rapi, tapi kamu datang berkaus dengan celana jeans. Atau kamu kerja di tempat yang budaya kantornya casual, tapi kamu malah pakai rok mini bak mau ke tempat hiburan. Sebaiknya, sebelum masuk kerja, atau saat di-interview, tanyalah soal budaya kantor, termasuk gaya berbusana karyawannya.

3. Diam aja sama hal-hal yang gak kamu mengerti. Apalagi kalau soal pekerjaan dan malah bikin kesalahan fatal

Gak ngerti soal pekerjaan yang baru pertama kali digarap itu gak salah. Tapi kalau sudah gak ngerti dan kamu gak mau tanya kanan-kiri itu akibatnya jadi berkepanjangan. Percayalah, teman-teman barumu akan lebih suka kamu cerewet tanya daripada diam saja tapi malah bikin kesalahan fatal.

4. Gak mau berusaha dekat sama teman-teman baru dan malah terkesan anti-sosial

Namanya juga anak baru, pasti harus aktif ngajak kenalan sama teman-teman baru. Kamu harus punya inisiatif mendekatkan diri dengan lingkunganmu. Jangan jadi anti-sosial. Jangan pula berharap lingkungan baru yang menyesuaikan diri denganmu, tapi kamu yang harus menyesuaikan dengan mereka.

5. Tapi jangan juga terkesan sok kenal

Gak diam aja bukan berarti kamu harus jadi sok kenal. Ada beberapa orang yang gak nyaman sama orang yang sok kenal. Kamu boleh ngajak ngobrol, tapi harus pandai memetakan kepribadian orang. Ngobrol aja sewajarnya sambil membaca karakter orang satu per satu. Seiring dengan jalannya waktu, kamu bakal dekat kok dengan mereka.

6. Baru pertama kali kerja, tapi udah ngeluh ruangan panas

Jangan ngeluh soal apa pun saat kamu pertama kali masuk kerja. Teman-teman barumu pasti bakal langsung gak suka. Mereka yang udah lama berkantor di situ aja merasa biasa, kok. Jadi kamu harus bersyukur apa pun keadaannya. Tunjukkan bahwa kamu punya daya juang yang tinggi.

7. Membanding-bandingkan kantor baru dengan kantor lamamu

Jangan pernah membanding-bandingkan kantor barumu dengan kantor lama, baik itu perbandingan positif maupun negatif. Hal itu hanya bikin kamu tampak gak profesional.

8. Pamer sesuatu di depan teman-teman baru bikin kamu dicap OKB atau orang kaya baru

Mempamerkan barang-barangmu di hadapan teman-teman baru bikin mereka gak nyaman. Yang ada, kamu malah dianggap jadi kayak OKB atau orang kaya baru. Mereka juga malah jadi gak respect sama kamu. Tunjukkan aja kesan sederhana di hadapan orang-orang, meski kamu punya kemampuan lebih.

9. Galau soal pacar sampai mengganggu konsentrasi di hari pertama masuk kerja!

Mencampuradukkan urusan kerjaan dan urusan pribadi itu juga bikin kamu terlihat sangat gak profesional. Bukannya dapat simpati, kamu malah dapat cemoohan. Sudah kerja berarti kamu harus sudah dewasa menyikapi berbagai hal. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini