Beranda Kesehatan Awasi Warga Pasca Vaksinasi, Dinkes Kota Serang Bentuk Pokja KIPI

Awasi Warga Pasca Vaksinasi, Dinkes Kota Serang Bentuk Pokja KIPI

Ilustrasi - Gatra.com

SERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang membentuk kelompok kerja pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pascaimunisasi (Pokja KIPI). Pokja ini akan bekerja mengawasi dan memantau warga pascavaksinasi.

“Pokja ini agar dapat memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat. Tim pokja akan mengawasi warga pascavaksinasi, guna mengantisipasi kemungkinan yang bisa terjadi, tetapi kita optimis semua akan berjalan dengan lancar,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Serang, Ratu Ani Nuraeni, Rabu (13/1/2021).

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya vaksinasi secara nasional akan mulai 14 Januari 2021 serentak di seluruh Indonesia. Kota Serang bersama 99 vaksinator melakukan vaksinasi pada 15 Januari 2021 usai peluncuran vaksninasi serentak yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah.





Vaksinasi dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama dan kedua dimulai 14 Januari – April 2021. Tahap tiga dan empat akan dimulai 4 April 2021 sampai Maret 2022. Tahap pertama diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dengan usia 18-59 tahun. Sementara tahap 2 mulai 22 Januari – April 2021 bagi instansi pemerintahan yang melakukan pelayanan publik.

“Tahap dua diperuntukkan bagi semua yang melaksanakan pelayanan publik, contohnya TNI/Polri, ASN, perbankan dan unsur BUMN, serta tokoh agama,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh aparatur Pemkot, pimpinan dan anggota DPRD bersama seluruh instansi untuk memberikan edukasi dan pencerahan bagi masyarakat yang antipati dan takut dengan keamanan vaksin. “Mari bersama kita dukung program vaksinasi, demi upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kota Serang,” ucapnya.

Ia menambahkan meski sudah ada vaksin Covid, namun upaya pencegaham yang utama tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumuman.
Di Kota Serang ada 33 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang akan melayani vaksinasi. Tempat tersebut meliputi seluruh Puskesmas; rumah sakit di antaranya Budi Asih, Sari Asih, Fatimah, RSUD Kota Serang, RS Bhayangkara, RS Ibunda, RS Kencana, RSUD Banten, serta klinik swasta di antaranya
Klinik Jannah, Bhayangkara, Bidokkes Banten, Krakatau Medika, Family, Uwen Yuheni, Bina Sehat, Amal Sehat 2, Kagungan, Kopassus.(Dhe/Red/SG)