Beranda Peristiwa Awasi Keamanan Pangan, Dinkes Kota Tangerang Uji Sampel di Sejumlah Pasar Tradisional

Awasi Keamanan Pangan, Dinkes Kota Tangerang Uji Sampel di Sejumlah Pasar Tradisional

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukn pengujian sampel disejumlah pasar tradisional maupun modern di Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Guna menjaga keamanan pangan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukn pengujian sampel disejumlah pasar tradisional maupun modern di Kota Tangerang. Sampai hari ini, sudah dua pasar dijangkau yakni Pasar Poris dan Pasar Laris Cibodas dengan puluhan pangan diuji sampel.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan pengujian sampel pangan merupakan tugas rutin Dinkes, untuk tes makanan dan minuman di pasar di Kota Tangerang. Memastikan pangan di pasar aman dan layak dikonsumsi masyarakat. Serta, tak henti mengedukasi para pedagang untuk menaati aturan penjualan.

“Mulai dari menjaga kebersihan pangan, tidak menggunakan alas koran dalam berdagang, serta menutup makanan dengan baik. Tujuannya, agar makanan yang dijual belikan tidak tercemar dan aman dikonsumsi,” jelas dr Dini, Selasa (8/8/2023).

Dia menjelaskan, pada pengujian sampel pada Pasar Poris hasilnya 92,6 persen dinilai aman dari 23 sampel makanan yang diambil. Dimana tiga diantaranya positif formalin, seperti mie kuning dan tahu cokelat. Sedangkan pada Pasar Laris Cibodas hasilnya dinyatakan 98,0 persen aman dari 28 sampel yang diambil, satu diantaranya positif formalin yaitu pangan tahu putih cina.

“Masih ada lima pasar lagi yang akan disambangi Dinas Kesehatan, dengan agenda yang sama, yang akan dilakukan secara berkala. Ini juga menjadi salah satu agenda Dinas Kesehatan, dalam rangka Kemerdekaan RI atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI),” kata dr Dini.

Dia mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk tetap waspada dan cerdas dalam berbelanja, baik di pasar tradisional, modern atau supermarket. Baik itu secara tampilan atau kesegaran maupun tanggal expired.

“Masyarakat tetap berhati-hati dalam memilih makanan, minuman atau pangan. Caranya dengan menghindari makanan yang berwarna mencolok, serta mengurangi konsumsi makanan yang terlalu kenyal,” imbaunya. (Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini