Beranda Kesehatan Awas! Ternyata Terlalu Higienis Juga Mudah Terserang Penyakit

Awas! Ternyata Terlalu Higienis Juga Mudah Terserang Penyakit

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

dr Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS, Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro mengatakan tubuh perlu mengenal lingkungannya agar antibodijuga terbentuk.

“Biasanya seperti thypus, karena jarang jajan, biasanya. Bisa juga mungkin flu bisa sering terjadi karena lewat udara,” kata dr Prasna.

“Kalau alergi enggak sih ya, itu lebih ke genetik dan dari makanan mungkin, atau dari udara itu sebagai faktor pemicunya,” lanjutnya seperti dilansir detik.com.

Nah karena itu dr Prasna mengatakan untuk nggak perlu begitu mengkhawatirkan higienitas. Sehat memang perlu, tapi nggak berarti jadi harus memasak semua makanan kita sendirikan? Kebayang kalau gebetan ngajak makan nasi goreng favoritnya tapi mesti kamu tolak karena nggak mau makan di pinggir jalan, waduh sayang banget kesempatannya.

Sama halnya dengan makanan, dr Prasna juga menyinggung soal interaksi orang terutama anak dengan lingkungan. Salah satu contoh, ia memberikan tipsnya bagi para orang tua yang khawatir ketika anak ikut kondangan dan banyak disentuh oleh orang banyak.

“Bisa pakai (diusap) tisu basah, yang khusus anak tapi. Atau ya pulang kondangan kan mandi ya. Kalau anak orang mau cium mau apa lebih baik di tangan atau di kakinya aja,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini