Beranda Kesehatan Awas! Ternyata Makanan Favorit Ini Penyebab Penyakit Kista Ovarium

Awas! Ternyata Makanan Favorit Ini Penyebab Penyakit Kista Ovarium

1274
0
Ilustrasi - foto istimewa travelingyuk.com

Kista sebenarnya memang ada di dalam tubuh semua wanita. Namun, ada kista yang hilang dengan sendirinya dan ada juga yang berkembang hingga menimbulkan masalah pada sistem reproduksi. Tapi, tahukah kamu kalau lima jenis makanan ini ternyata penyebab terjadinya kista ovarium pada wanita lho.

Setiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium) yang berada di bagian kanan dan kiri rahim. Ovarium berfungsi untuk menghasilkan sel telur mulai dari masa pubertas hingga menopause. Sayangnya, fungsi ovarium seringkali mengalami gangguan, salah satunya adalah disebabkan oleh kista.

Perlu diketahui bahwa kista ovarium terbagi menjadi dua yaitu kista fungsional yang tergolong tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, kista jenis ini juga termasuk ke dalam siklus menstruasi. Yang kedua adalah kista patologis yaitu kista yang mengandung sel abnormal dan pada beberapa kasus bersifat kanker.

Kamu perlu mewaspadai dan segera periksakan ke dokter, jika kamu mengalami tanda-tanda seperti:

Darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak dari biasanya,

Siklus menstruasi tidak teratur,

Timbul rasa nyeri pada tulang panggul,

Nyeri saat berhubungan seksual,

Susah buang air besar atau air kecil.

Tapi tahukah kamu ternyata ada beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu terjadinya penyakit kista lho. Daripada penasaran, yuk simak di bawah ini:

1. Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji memang harus kamu hindari. Selain dapat menyebabkan risiko obesitas, junk food juga menjadi makanan pemicu utama yang dapat meningkatkan risiko penyakit kista ovarium. Selain itu, junk food juga dapat menyebabkan penyakit stroke, jantung dan lainnya. So, sebaiknya kamu menghindari makanan ini ya.

2. Buah Durian

Meskipun memiliki rasa yang nikmat, namun kamu para wanita sebaiknya membatasi mengonsumsi buah yang satu ini. Mengapa? Para peneliti menyakini bahwa kandungan pada buah durian dapat merangsang pertumbuhan kista ovarium. Selain buah durian, beberapa buah seperti buah nangka, duku dan nanas juga dapat memicu meningkatkan risiko penyakit kista ovarium.

3. Makanan yang Digoreng dan Bakar

Kedua jenis makanan ini diyakini dapat memicu kista ovarium. Minyak dan asap yang menempel pada makanan menjadi salah satu penyebab utamanya. Karena itu, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan yang digoreng dan dibakar. Selain itu, kedua jenis itu juga dapat meningkatkan risiko kanker.

4. Makanan dalam Plastik

Seperti yang diketahui bahwa plastik mengandung bahan kimia yang berbahaya, salah satunya adalah dapat menyebabkan terjadinya kista ovarium. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang ada di dalam plastik.

5. Minuman Bersoda

Tingginya kandungan gula pada minuman bersoda ternyata tidak hanya dapat menyebabkan risiko obesitas tetapi juga menyebabkan terjadinya penyakit kista ovarium.

Penyakit kista seringkali dikaitkan dengan masalah kesuburan wanita yang berujung dengan susah hamil. Oleh karena itu, pentingnya para wanita melakukan pencegahan agar terhindar dari masalah yang sangat meresahkan ini. Semoga bermanfaat ya! (Red)