Beranda Cinta Awas! Orbiting yang Kerap Dilakukan Mantan Pacar, Hati-Hati dan Pahami Dampaknya Jika...

Awas! Orbiting yang Kerap Dilakukan Mantan Pacar, Hati-Hati dan Pahami Dampaknya Jika Berlebihan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

SERANG – Kehidupan setelah putus cinta memang tidak selalu berjalan dengan baik. Apalagi, jika mantan pacarmu masih menguntitmu dari media sosial padahal kalian berdua sudah sepakat atas perpisahan.

Perilaku ini juga sering disebut dengan orbiting. Meski terdengar tidak kejam, nyatanya orbiting dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Ingin tahu lebih lengkap tentang orbiting? Yuk simak artikel berikut seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Apa itu Orbiting?

Sama halnya dengan ghosting, orbiting adalah saat kamu memutuskan kontak langsung dengan kekasihmu, tetapi kamu masih terus terlibat dengan konten mereka di media sosial.

Pada era media sosial saat ini, orang terus-menerus mengawasi satu sama lain  bahkan mungkin tergoda untuk memeriksa kembali mantan kekasihnya. Dalam hal yang lebih dalam lagi, mereka mungkin akan menghubunginya sekali dua kali.

Hal ini tentu tidak akan menjadi masalah jika putusnya hubunganmu baik-baik saja. Namun, jika di sisi lain hal ini bisa saja mengganggu salah satu diantaranya.

Apalagi, kedatangan seseorang yang suka orbiting ini tidak terduga. Di satu waktu, mereka akan mengajak kamu berinteraksi di sosial media. Namun di waktu berikutnya, mereka sudah menghilang begitu saja.

Dampak Orbiting

Baca Juga:Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana, Oknum Polisi Bakar Mantan Pacar Terancam Pidana Mati

Dilansir dari laman NBC News, orbiting dapat mempengaruhi seseorang secara emosional tanpa disadari seperti berikut:

Kebingungan

Jika Anda merasakan orbiting di masa-masa awal perpisahan, orbiting bisa membuatmu merasa kebingungan. Di satu sisi, kamu merasa mereka masih menyukaimu. Namun di satu waktu, kamu akan teringat bagaimana sakit hati yang pernah kamu rasakan karenanya.

Susah Move On

Meski awalnya telah memberi batasan namun mereka muncul kembali, bukan tidak mungkin kamu akan merasa tertarik kembali.

Awalnya, kamu mungkin dipenuhi keraguan. Namun karena mereka terus berada di sekitarmu, kamu akan makin kesulitan untuk move on karena merasa mereka seolah-olah masih memberikan perhatian.

Cara Menghentikan Orbiting

Jika Anda merupakan pihak yang masih suka menghubungi mantan melalui media sosial, padahal perpisahan kalian tidak baik-baik saja, sebaiknya segera keluar dari sana secepatnya.

Tidak ada salahnya untuk berhenti berteman di media sosial. Apalagi jika kamu merasa terluka ketika melihat unggahannya di media sosial sedang bersenang-senang.

Sementara itu, jika kamu merupakan korban dari seorang orbiting dan merasa benar-benar terganggu, tidak ada salahnya untuk memblokirnya dari media sosial.

Cobalah untuk tidak mudah terpancing dengan kehadiran mereka. Namun, karena akan lebih sulit mengendalikan orang lain, batasilah diri Anda sendiri. Salah satunya dengan menggunakan fitur block atau mute yang telah disediakan di berbagai aplikasi media sosial.

(Red)