Beranda Kesehatan Awas! Konsumsi Pisang saat Perut Kosong Ternyata Berbahaya

Awas! Konsumsi Pisang saat Perut Kosong Ternyata Berbahaya

Ilustrasi - foto istimewa babyologist.com

Pisang merupakan salah satu makanan bergizi terbaik, kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang, dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar mineral dalam tubuh jika dimakan saat perut kosong. Sebaiknya, hindari makan pisang saat perut kosong.

Buah ini memang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, mengurangi kelelahan, sembelit, ulkus, dan banyak lagi. Selain itu, pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dan menyembuhkan anemia.

Tetapi, semua manfaatnya bisa Anda rasakan jika pisang dikonsumsi pada saat yang tepat.

Selain menciptakan ketidakseimbangan dalam tingkat magnesium dan potasium, sifat asam dari pisang dapat memperburuk dan menyebabkan masalah usus jika dikonsumsi saat perut kosong. Pisang adalah alternatif sarapan yang baik, tetapi yang terbaik adalah mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Beberapa penelitian mengungkapkan, pisang mengandung gula dalam jumlah besar, yang dapat menginduksi energi dalam tubuh. Tetapi jika dikonsumsi saat perut kosong, energi akan terkuras habis setelah beberapa jam. Tak hanya itu, Anda juga akan merasa lesu, letih dan mengantuk.

Beberapa ahli gizi berpendapat, cara yang baik untuk memulai hari dengan mengonsumsi pisang, yaitu dengan menggabungkannya dengan makanan lain. Sifat asam dalam pisang dapat diminimalkan jika pisang dikonsumsi dengan beberapa buah kering yang direndam.

Selain itu, makan pisang saat perut kosong dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, karena tingkat magnesium yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

Alternatif lain, Anda dapat memadukan dengan buah-buahan atau makanan lain untuk membuat sarapan pagi yang lengkap. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat menghindari masalah kesehatan, dan pada saat yang sama, Anda telah mengonsumsi makanan yang sehat. (Red)

Sumber : VIVA.co.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini