Beranda Hukum Awas Kena Tilang, Mulai Hari Ini Polda Banten Gelar Operasi Keselamatan Maung...

Awas Kena Tilang, Mulai Hari Ini Polda Banten Gelar Operasi Keselamatan Maung 2024

Petugas Kepolisian Mapolsek Ciruas Tilang Pengendara yang melawan arus lalu lintas - foto istimewa

SERANG – Satlantas di seluruh jajaran Polda Banten menggelar Operasi Keselamatan Maung 2024. Operasi mulai hari ini Senin 4 Maret hingga 17 Maret 2024 mendatang.

Operasi tersebut merupakan instruksi langsung dari Polri dan diturunkan ke Polda masing-masing agar diterapkan di setiap wilayah di Indonesia.

Sasaran operasi ini para pelanggar lalu lintas yang terlihat oleh mata. Seperti pengendara tidak pakai helm, tidak menggunakan plat kendaraan, knalpotnya brong dam mobil over kapasitas.

Petugas akan berkeliling mengawasi pengguna jalan yang kedapatan melanggar lalu lintas.

Tidak ada tilang manual. Foto pelanggar lalu lintas akan dimasukan dalam daftar tilang elektronik.

Tujuan dari Operasi Keselamatan Maung 2024 ini yakni untuk menekan jumlah pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan pengguna jalan.

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono mengatakan permasalahan mengatasi lalu lintas Polri wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, diantaranya membina masyarakat pengguna jalan. Hal itu sesuai dengan Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selanjutnya Dedy menyampaikan dalam mewujudkan Kamseltibcarlintas harus didukung dengan perilaku manusia yang memiliki disiplin yang memadai faktor manusia dapat dibagun memalui edukasi, sistem pengujian saat membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) dan penegakan hukum serta tersedianya pendidikan keselamatan berlalu lintas. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini